Enam Solusi Keluhan Hamil Di Usia Empat Bulan

SehatFresh.com – Di usia kehamilan 4 bulan, ibu hamil sudah dapat mengatasi morning sickness, sudah dapat beradaptasi dengan perubahan hormon kehamilan bahkan sudah dapat mengetahui gerakan janin. Meskipun demikian ibu hamil di usia 4 bulan yang masih merasakan keluhan kehamilan, berikut adalah solusinya untuk anda :

  1. Morning Sickness yang berhubungan dengan mual muntah pada ibu hamil dapay diatasi dengna bantuan suami. Taukah anda bahwa elusan/belaian bagian kepala , punggung, pundak dan pijatan tangan yang rileks dari suami akan membuat anda tenang,sehingga mengurangi risiko morning sickness.
  2. Selanjutnya yang berhubungan dengan sakit kepala, ibu hamil yang mengalaminya diharuskan banyak minum air, berada di ruangan yang tenang, udara yang cukup segar sehingga dapat mengurangi keluhan kehamilan di usia 4 bulan .
  3. Tidak jarang ibu hamil mengalami kelelahan, hal ini dipengaruhi oleh faktor eksternal dan hormonal.Untuk membuatnya kembali tenang anda dapat mengikuti kelas yoga dan olahraga khusus ibu hamil agar dapat menjaga kesehatan selama kehamilan .
  4. Pada usia 4 bulan ibu hamil seringkali mengalami kegerahan.Ibu hamil sering berkeringat dan kepanasan. meskipun dirasa wajar akan tetepi bila menganggu sebaiknya anda menggunakan baju dengan bahan yang mudah menyirap keringat. Jangan lupa mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas perhari.
  5. Banyak juga yang merasakan mengidam, yaitu kondisi dimana ibu hamil menginginkan konsumsi makanan tertentu, Bagi anda yang mengalami kondisi ini sebaiknya memperhatikan kebutuhan tubuh anda. Mengidam dapat pula menjadi salah satu pertanda bahwa tubuh anda membutuhkan gizi/nutrisi tersebut.Misalnya ibu hamil yang mengidam mangga muda, bisa saja tubuh membutuhkan asam folat sehingga membutuhkannya dari buah mangga muda .
  6. Sakit pada bagian kanan atau kiri perut dirasa normal apabila hanya terjadi beberapa kali. Hanya saja apabila anda mengalami rasa nyeri pada bagian kiri dan kanan perut disertai dengan pendarahan harus segera dikonsultasikan ke dokter agar tidak terjadi masalah yang berhubungan dengan gangguan perkembangan dan pertumbuhan janin .

Sumber gambar : bidanku.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY