Gangguan Fungsi Kognitif pada Pikiran Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak para remaja yang mengalami gangguan fungsi kognitif. Gangguan fungsi kognitif pada remaja akan berakibat fatal bagi banyak kegiatannya di sekolah. Nilai-nilainya yang mungkin kurang dari standard dan hubungannya dengan orang lain banyak yang tidak sesuai. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan gangguan fungsi kognitif pada remaja?

Apa yang Dimaksud Gangguan Fungsi Kognitif Pada Remaja?

Gangguan kognitif pada remaja merupakan gangguan remaja dalam berpikir. Banyak remaja yang mengalami kesulitan dalam mengingat, berpresepsi, dan mengikuti pelajaran di sekolah. Banyak anak yang tidak bisa hidup secara normal karena adanya gangguan kognitif.

Berdasarkan Diagnostik dan Statistik Manual, ada beberapa gangguan kognitif yang bisa dilihat berdasarkan kategorinya sebagai berikut:

  • Lambat Berkembang

Adanya gangguan perkembangan belajar karena sulit memahami pelajaran. Anak yang mengalami autis masuk dalam kategori ini karena mengalami perlambatan dalam perkembangan belajar.

  • Delirium

Delirium merupakan gangguan yang dialami remaja dalam berpersepsi dalam waktu yang cepat sehingga merusak suasana hati dan perilaku remaja. Remaja bisa jadi lebih labil jika dibandingkan dengan temannya. Karena mengidap penyakit ini.

  • Demensia

Demensia merupakan istilah tentang hilangnya memori secara progesif. Istilah penyakit ini biasa disebut dengan penyakit Alzheimer.

  • Amnesia

Amnesia merupakan penyakit yang terjadi karena hilangnya memori yang sudah dialami. Tapi amnesia yang digambarkan berbeda dengan yang ada di sinetron, sebab seseorang tidak sampai kehilangan identitas aslinya.

Apa Saja Penyebab dari Gangguan Kognitif?

Penyebab gangguan kognitif bisa karena beberapa hal sebagai berikut:

  • Adanya Cedera Otak

Seseorang yang mengalami cedera otak bisa terjadi oleh adanya trauma. Seseorang bisa sekali waktu mengalami stroke karena mengalami penderitaan dalam mengingat berbagai informasi.

  • Penggunaan Zat

Penggunaan zat berbahaya atau aditif bisa membuat seseorang mengalami kemunduran atau gangguan kognitif. Seseorang bisa kehilangan berbagai memorinya karena sudah ketagihan meminum alkohol dan menyalahgunakan obat-obat terlarang. Remaja yang sudah terbiasa mengkonsumsi alkohol akan mengalami berbagai macam perubahan.

  • Penyebab yang Tidak Terdefinsi

Bisa jadi remaja yang mengalami gangguan kognitif oleh adanya masalah seperti penyakit Alzheimer. Bisa jadi seseorang mengalami kekurangan dalam perkembangan kogintif karena adanya penumpukan deposit plak amyloid.

  • Adanya penyakit Kronis

Penyakit kronis seperti HIV dan AIDS bisa jadi mengakibatkan adanya pengaruh seseorang dalam penyimpanan memori. remaja yang mengalami kekurangan dalam hal mengingat atau mengembangkan kognitifnya karena sudah terjangkit HIV.

  • Adanya Pengobatan yang Salah

Pengobatan yang salah bisa menghambat kognitif remaja. Banyak pengobatan tertentu yang justru membuat para remaja mengalami kemunduran dalam berpikir. Remaja menjadi sulit berkonsentrasi karena adanya pengobatan dalam jangka panjang. Bisa jadi remaja yang sudah pernah melakukan kemoterapi akan mengalami keterlambatan dalam berpikir.

Demikian informasi mengenai fungsi kognitif pada remaja. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here