Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Dot pada Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat, banyak asumsi yang mengatakan mengenai plus minus penggunaan dot pada bayi. Sebenarnya dot memang sudah disesuaikan dengan payudara ibu, tapi faktanya masih banyak yang meragukan pemakaiannya.

Bagaimana Kelebihan Dot Bayi?

Ada banyak ibu yang menyambung minuman bayi dengan dot, terlebih jika perjalanan jauh. Ada beberapa kelebihan dot bayi sebagai berikut:

  • Menjadi Alat Pembantu Bayi Tidur

Dot bayi sangat berpengaruh dalam membantu bayi tertidur pulas. Dot bahkan menjadi alat yang sangat direkomendasikan agar bayi cepat tertidur. Bayi akan mudah tidur ketika dimulutnya diberikan dot. Tapi jangan sampai ibu lupa menarik dot ketika bayi sudah mulai tertidur.

  • Memberikan Efek Menenangkan

Dot dapat menjadi alat penenang bayi ketika rewel. Bisa jadi ketika bayi sedang rewel atau menangis, ibu sedang sibuk sehingga butuh dot untuk menyambung bayi mendapatkan asupan susu dengan segera.

  • Alat Pengalihan Sementara

Saat ibu melakukan aktivitas lain, maka dot bisa menjadi alat pengalihan sementara agar bayi tetap tenang. Ibu tidak bisa sesegera mungkin menyusui anaknya, terlebih jika di tempat umum. Diperlukan dot untuk membantunya sebagai alat penenang sementara. Bahkan dot bisa menjadi alat pengalihan ketika bayi menangis saat diimunisasi, disuntik, atau pun diobati.

  • Membantu Ketika di Pesawat

Ketika orang tua berpergian jauh, bayi membutuhkan dot sebagai alat untuk tetap menerima susu. Bayi bisa jadi rewel ketika di pesawat karena waktunya cukup lama dan berisik. Tapi menggunakan dot, bayi bisa jadi cepat terlelap karena tetap mendapatkan asupan susu. Bayi akan lebih tenang jika menghisap dot.

  • Mencegah Terjadinya Sudden Infant Syndrome (SIDS)

Sindrom SIDS merupakan kematian mendadak yang dialami bayi. Dot bisa menjadi pencegah terjadinya hal tersebut karena dengan menghisap dot, bayi bisa merasa lebih tenang dan nyaman.

  • Resiko Over Feeding Susu Formula

Dot bisa mengurangi resiko over feeding susu formula yang dialami bayi. Bayi bisa menghisap dot untuk menghilangkan rasa lapar ketika terjadi di saat ibu tidak bisa memberikan ASI.

Bagaimana Kekurangan Dot Bayi?

  • Keinginan Bayi Pada Susu Ibu Bisa Bekurang. Kekurangan pemakaian dot bayi ialah kurangnya keinginan bayi untuk menyusu ASI pada ibunya secara langsung. Penghisapan ASI secara langsung dan menggunakan dot sangat berbeda. Sehingga seringkali membuat bayi merasa bingung.
  • Menimbulkan Ketergantungan. Bayi bisa jadi merasa ketergantungan saat terlalu sering menggunakan dot. Sehingga mulut bayi selalu ingin menghisap dot dan menangis jika terlepas daro dot.
  • Resiko Terkena Infeksi Saluran Telinga. Penggunaan dot secara menerus dalam jangka panjang bisa mengakibatkan adanya resiko terhadap kerusakan saluran telinga tengah.

Demikian informasi mengenai plus minus pemberian dan penggunaan dot pada bayi. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here