Gerakan Senam Hamil untuk Melancarkan Proses Persalinan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan merupakan suatu masa yang harus dialami oleh wanita dalam waktu cukup panjang sekitar 9 bulan lebih (normalya 37-42 minggu). Pada waktu tersebut seorang wanita harus menjaga kesehatan dirinya sendiri dan bayi yang sedang dikandungnya. Waktu tersebut tentu bukanlah waktu yang mudah dan mulus karena selama itu seorang ibu mengalami perubahan fisik dan psikologis serta ketidaknyamanan yang dialami selama masa kehamilan.

Selain itu wanita harus melakukan gaya hidup yang baik dan latihan-latihan fisik untuk menunjang kesehatan Ibu dan bayinya demi serta keselamatan dan kelancaran pada saat proses persalinan. Salah satu kegiatan yang baik dilakukan oleh Ibu hamil yaitu melakukan gerakan olahraga atau senam hamil yang berfungsi untuk melancarkan proses persalinan. Berikut ini beberapa gerakan senam hamil, antara lain :

  1. Senam kegel

Senam kegal dilakukan dengan cara seperti menahan kencing selama 3-10 detik dan bisa dilakukan 10 kali dalam sehari. Senam ini dilakukan untuk membantu mengencangkan otot panggul, rahim, saluran kencing yang berperan dalam proses persalinan.

  1. Senam jongkok

Senam jongkon berfungsi untuk mengencangkan panggul dan paha untuk membantu proses persalinan. Caranya berdiri tegak dan menurunkan badan secara perlahan dengan punggung tegak lurus dan aturlah pernafasan anda.

  1. Duduk bersila

Latihan ini dilakukan dengan cara latihan dudk bersilah menggunakan alat matras yang berfungsi untuk mengencangkan otot dan mencegah stres pada ibu.

  1. Mengangkat panggul

Gerakan ini berfungsi untuk membuat ibu rileks dan mengencangkan otot perut. Gerakan mengangkat panggul secara perlahan dilakukan menggunakan matras dan mengatur nafas.

  1. Berjalan

Berjalan kaki salah satu gerakan olahraga yang paling mudah. Latihan ini memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh saat mendekati persalinan. udara yang segar dapat membuat anda lebih rileks.

  1. Bersandar

Lakukan gerakan ini dengan mengangkat lengan dan tubuh bagian atas diatas bola yoga dan memutar saat panggul bergerak. Gaya gravitasi akan menarik punggung bayi ke depan dan membuat posisi yang optimal.

  1. Pelvic rocks

Melakukan gerakan ini akan membantu bayi masuk ke posisi yang lebih baik untuk mempersiapkan persalinan. selain itu dapat menjaga pelvis tetap mengendur dan melenturkan punggung bawah.

  1. Kupu-kupu

Gerakan butterfly atau kupu-kupu berfungsi untuk membuka panggul dan punggung bagian bawah lentur. Latihan ini dilakukan dengan cara duduk tegak dengan merapatkan kedua telapak kaki, setelah itu kaki naik turun sampai anda merasakan peregangan.

  1. Gerakan yoga yang lembut

Melakukan yoga yang lembut dapat membantu anda untuk mempersiapkan proses persalinan secara normal dan membuat anda lebih rileks. Hal dikarenakan rasa rileks dan ketenangan pada ibu hamil akan mempengaruhi proses persalinan. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here