Hal-Hal yang Harus Diketahui Sebelum Operasi Plastik Payudara

0
11
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Operasi plastik untuk memperbaiki tampilan payudara, bisa digolongkan ke dalam operasi kecantikan. Dengan operasi tersebut, wanita dapat membuat payudara menjadi lebih berisi atau besar. Lantas apa saja hal-hal yang perlu diketahui sebelum melakukan operasi plastik pada payudara?

Terdapat dua jenis implan payudara

Untuk melakukan operasi plastik membesarkan payudara, wanita dapat memilih satu dari dua jenis yaitu silikon atau saline. Implan salin merupakan implan yang memanfaatkan kantung berisi saline, sedangkan implan silikon berisi gel plastik yang kental.

Umumnya implan yang ditanamkan pada payudara, hanya bertahan kurang lebih 10 sampai 15 tahun. Alhasil apabila telah melebihi batas usia tersebut, implan yang ditanamkan harus diganti dengan yang baru. Lantas implan silikon atau saline yang lebih banyak dipilih wanita?

Wanita rupanya lebih banyak memakai implan silikon untuk operasi plastik. Hal itu karena bentuknya yang lebih mirip dengan payudara asli, berbeda dengan implan saline. Hanya saja implan silikon mempunyai risiko lebih besar bagi kesehatan, apabila pecah.

Berapa perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk operasi?

Guna melakukan operasi plastik untuk memperbaiki payudara, tentu saja biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Biaya tersebut akan tergantung pada tarif dokter dan jenis implan yang dipilih. Belum lagi biaya perawatan yang harus dilakukan setelah operasi.

Di Indonesia biaya melakukan operasi plastik untuk pembesaran payudara, rata-rata dibuka dengan biaya Rp 20 Juta. Namun angka tersebut bisa lebih tinggi jika dokter yang menangani memiliki kualitas atas dan implan yang dipilih juga berkualitas tinggi.

Usia berapa batas minimal wanita bisa melakukan operasi?

Seperti yang diketahui jika payudara wanita akan terus tumbuh hingga menginjak usia 20-an. Berdasarkan hal tersebut banyak dokter yang mengeluarkan peraturan batas usia untuk menjalani operasi payudara, baik yang berbahan saline atau silikon.

Operasi payudara dengan bahan implan saline, wanita minimal harus mencapai usia 18 tahun. Sementara itu untuk operasi menggunakan bahan implan silikon, wanita minimal harus mencapai 22 tahun. Hal ini diputuskan dengan mempertimbangkan efek samping yang akan terjadi.

Syarat apa saja yang perlu diperispkan sebelum operasi plastik?

Operasi plastik untuk membesarkan payudara membutuhkan kesiapan tim medis, termasuk kondisi fisik dan psikologis pasien. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi seorang wanita sebelum melakukan operasi.

  1. Wanita harus dalam keadaan sehat secara fisik sebelum dilakukan operasi.
  2. Wanita harus memiliki ekspektasi atau harapan yang realistis.
  3. Payudara wanita harus sudah selesai dalam melewati masa pertumbuhan.
  4. Wanita merasa terganggu dengan kondisi bahwa payudara yang dimilikinya terlalu kecil.
  5. Wanita merasa terganggu dengan kondisi bahwa payudaranya kehilangan bentuk yang proporsional.
  6. Wanita merasa terganggu dengan kondisi bahwa bagian atas payudaranya tidak menonjol.
  7. Wanita merasa terganggu dengan kondisi bahwa payudaranya tidak simetris.
  8. Wanita merasa terganggu dengan kondisi bahwa salah satu atau kedua payudara gagal berkembang secara. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY