Kesalahan-Kesalahan Pria saat Mencuci Wajah

0
9
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika banyak pria yang memiliki wajah kusam, berkomedo, berminyak hingga berjerawat. Namun hal tersebut masih dianggap wajar, karena pria tidak seperti wanita yang rajin dalam menjaga kebersihan wajah. Selain itu kebiasaan-kebiasaan salah juga kerap dilakukan pria dalam mencuci wajah.

Mencuci dengan produk pembersih wajah sebenarnya mudah untuk dilakukan. Meskipun sudah terbiasa untuk melakukan hal tersebut, tapi masih banyak pria juga yang salah mempraktikannya. Berikut ini beberapa kesalahan yang kerap dilakukan pria saat mencuci wajah.

Pria mencuci wajah dengan kondisi tangan yang kotor

Telapak tangan merupakan bagian kulit yang paling sering kotor akibat melakukan kontak dengan berbagai hal. Terkadang pria secara spontan mencuci wajah dengan kondisi tangan yang kotor. Tentu saja hal ini sebuah kesalahan, karena kotoran justru bisa menempel di wajah. Alhasil bersihkan dulu tangan dengan sabun, sebelum mencuci wajah.

Pria memilih produk pencuci wajah sembarangan

Banyak pria yang dengan mudah memilih produk pencuci wajah karena promosi iklan di berbagai media. Padahal pria harus mengenali terlebih dahulu jenis kulit wajah dengan baik, apakah bertipe kering atau berminyak. Setelah itu barulah membeli produk pencuci wajah, yang cocok dengan jenis kulit.

Pria malas untuk menggunakan pelembap

Kebanyakan pria enggan menggunakan pelembab setelah mencuci wajah. Padahal pelembap bisa menangkal wajah kulit dari radikal bebas dan partikel asing yang menempel. Oleskan pelembap setelah mencuci wajah agar terasa lebih maksimal.

Pria menggunakan air panas untuk mencuci wajah

Pria sering salah dengan menggunakan air panas untuk mencuci muka. Tinggalkanlah kebiasaan tersebut, kemudian beralih dengan air hangat untuk mencuci wajah. Bisa juga dalam momen-momen tertentu untuk mencuci muka dengan air dingin guna mendapatkan wajah agar lebih segar.

Frekuensi pria dalam mencuci wajah terlalu berlebih atau justru kurang

Mencuci dengan produk pembersih wajah sebaiknya dilakukan cukup dua kali setiap hari, pada pagi serta malam hari. Mencuci dengan produk pembersih wajah yang terlalu sering bisa menipiskan lapisan kulit, sekaligus tidak baik untuk kesehatan.

Pria mencuci dan membilas wajah dengan terburu-buru

Layaknya ketika mandi yang terburu-buru, air pasti tidak maksimal dalam membersihkan tubuh. Demikian pula dengan aktivitas mencuci dan membilas wajah yang dilakukan dengan terburu-buru. Kotoran yang terselip dalam pori-pori, tidak maksimal terangkat.

Alhasil cobalah untuk mencuci dan membilas wajah dengan memanfaatkan waktu secara optimal. Tujuannya agar efektif dalam menghilangkan kotoran atau minyak yang menempel pada pori-pori wajah.

Guna menjaga kulit wajah agar tetap prima, maka luangkan waktu sekitar lima menit dalam aktivitas mencuci dan membilas wajah. Dengan memanfaatkan waktu yang cukup, maka hasil maksimal juga akan diperoleh pria. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY