Hal yang Wajib Suami Ketahui Tentang Kehamilan Istri

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat mengandung, kondisi psikologis wanita rentan berubah-ubah, seiring kondisi fisik mereka yang juga menjadi berbeda. Sebagai suami, Anda para pria harus belajar banyak hal untuk memahami kondisi istri yang sedang mengandung. Anda juga wajib tahu banyak hal mengenai perkembangan janin di dalam rahim sampai proses pasca melahirkan nanti.

Dan suami juga jangan ragu untuk ikut seminar mengenai kehamilan bersama istri, termasuk kelas yoga bagi ibu hamil yang sekarang ini justru dianjurkan untuk diikuti bersama suami. Semua hal ini akan bertujuan agar para suami akan ikut merasakan bagaimana rasanya ketika masa kehamilan awal. Berikut hal-hal yang perlu suami ketahui tentang kehamilan:

  1. Anda Harus Jadi Suami Siaga

Dalam trisemester pertama, kehamilan terasa cukup sulit bagi perempuan. Mereka akan lebih sering buang air kecil dan mengunjungi kamar mandi. Belum lagi saat tengah malam, keadaan ini juga akan cukup sering berlangsung. Karena itu, Anda para pria harus siap menemani istri yang mengalami hal tersebut. Setelah istri melahirkan pun, Anda juga harus siap berjaga di malam hari karena bayi yang terbangun kelaparan. Temani istri Anda menghadapi kondisi ini.

  1. Menuruti Keinginan Istri (Mengidam)

Fenomena mengidam atau mendambakan sesuatu hal atau yang lebih cenderung terhadap keinginan untuk menyantap beberapa makanan tertentu masih dikenal sebagai fenomena yang dialami oleh ibu hamil. Fenomena mengidam seringkali menyulitkan untuk beberapa orang. Karena biasanya seorang istri yang mengidam permintaannya bisa ada-ada saja. Bahkan terkadang permintaannya ini bisa tidak masuk akal. Jadilah suami yang siaga dan upayakan untuk bisa melayani istri Anda dengan baik.

  1. Istri Jadi Prioritas Anda

Saat sang istri hamil, Anda harus bersiap untuk mulai memprioritaskan dirinya. Usahakan untuk memberi perhatian ekstra pada mereka dan jangan pernah lupa memenuhi kebutuhan yang pasti diperlukan.

  1. Penuhi Asupan Nutrisi

Untuk bisa lebih memahami hal ini kita harus mengerti bahwa saat ini ada dua orang yang dipenuhi nutrisinya. Maka dari itu selalu sediakan banyak makanan untuknya, baik itu sayuran, buah-buahan hingga ikan yang mengandung protein dan zat besi agar asupan nutrizi yang dibutuhkan ibu dan janinnya terpenuhi. Penting juga untuk memastikan kebersihan makanan serta menghindari makanan yang banyak mengandung lemak atau kandungan lain yang bisa menganggu kesehatannya.

  1. Anjurkan Istirahat yang Cukup

Selama masa kehamilan, selain asupan makanan kedalam tubuh seorang ibu hamil. Hal lain yang penting diperhatikan adalah waktu istirahat yang cukup. Ibu hamil pada umumnya lebih banyak kehilangan energi karena didalam tubuhnya ada ‘dua orang’ yang dibawanya. Untuknya, selama hamil seorang wanita perlu mendapatkan istirahat yang cukup.

  1. Persiapkan tas berisi keperluan bersalin

Para calon ibu yang tengah mempersiapkan kelahiran bayi bisanya bersiap dengan berbagai hal. Mulai dari baju ganti, serta keperluan lainnya yang harus dibawa ke rumah sakit atau bersalin, sebaiknya juga disiapkan oleh para suami, terutama selama 3 bulan sebelum prediksi waktu kelahiran. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here