Pentingnya Zat Besi untuk Asupan Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Zat besi sangat bermanfaat bagi semua orang. Khususnya bagi bayi yang baru lahir atau anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Para ibu perlu sesering mungkin memberikan zat besi bagi anak-anaknya sebagai asupan yang baik bagi tubuh.

Benarkah Zat Besi Sangat Bermanfaat Bagi Bayi?

  • Perkembangan Sistem Syaraf Anak

Zat besi pada bayi ialah untuk membantu perkembangan system syaraf anak khususnya masa emas 0-2 tahun. Perkembangan kognitif anak di sekolah akan lebih maksimal apabila asupan zat besi cukup. Peningkatan berat badan dan tinggi badan juga bisa terjaga dengan baik. Kemudian nafsu makan bisa terjaga dengan baik sehingga kekebalan tubuh bisa lebih terjaga.

  • Mengurangi Resiko Anemia Defisiensi Besi (ADB)

Bayi sangat rentan terhadap anemia, sehingga bisa lahir premature. Bayi juga bisa lahir dengan berat badan rendah (BBLR). Bayi lahir premature beresiko anemia karena zat besi stoknya belum cukup. Asupan zat besi dapat diberikan pada bayi melalui ibu yang rajin makan makanan yang mengandung banyak zat besi.

  • Mencegah Gangguan Mental

Pertumbuhan dan perkembangan otak anak bisa semakin terganggu karena kekurangan zat besi sehingga sel saraf dan pembentukan neurostransmiter tidak berkembang dengan baik. kekurangan zat besi akan membuat anak menjadi bodoh dan bisa terjadi gangguan perilaku,

  • Mencegah Terjadinya Gangguan Keseimbangan dan Koordinasi Tubuh

Keseimbangan tubuh bisa terus terganggu dengan kasus anak yang kurang asupan zat besi. Zat besi dapat membuat anak memiliki keseimbangan dan koordinasi tubuh lebih baik. Bayi juga bisa lebih sehat dengan asupan zat besi yang cukup.

  • Mencegah Bayi Terganggu Interaksi Sosial

Bayi yang mengalami kekurangan asupan zat besi akan rentan terhadap infeksi kerja sistem kekebalan tubuh sehingga terjadi lemah dan letih. Akibatnya interaksi berkurang dan menjadikan bayi akan susah bergaul dengan temannya.

  • Mencegah Gangguan Jantung Pada Anak

Anak yang mengalami kekurangan asupan zat besi beresiko memiliki penyakit jantung. Nafas anak biasanya pendek dan sering terengah-engah. Kesehatan jantung sebaiknya diberikan asupan zat besi.

  • Kesehatan Otot

Anak yang memiliki asupan besi yang cukup maka otot akan terjaga dengan baik. Zat besi sangat membantu untuk membangun ingatan dan keterampilan motoric anak. Fungsi tubuh akan terjaga baik dengan kadar zat besi akan mengalami keterlambatan perkembangan fisik dan mental sehingga anak bisa lebih bugar. Kekurangan zat besi akan membuat kemampuan otot pada anak semakin menurun dan tidak bisa lincah secara motorik.

Demikian info mengenai pentingnya asupan zat besi yang baik. semoga bermanfaat bagi pengetahuan para ibu untuk terus menjaga kesehatan anak-anaknya. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here