Jalan Kaki Turunkan Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang menjadi ancaman bagi kaum wanita. Usia 50 tahun merupakan periode paling rentan terkena kanker payudara. Namun, kanker payudara bisa dicegah dengan mempertahankan pola hidup sehat, hindari rokok, dan konsumsi alkohol, serta menghindari faktor-faktor yang menjadi pemicunya. Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko pengembangan kanker ini, yaitu dengan berjalan kaki.

Sebuah penelitian dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa berjalan kaki setiap hari dapat mencegah pengembangan kanker payudara. Menurut para ahli dari American Cancer Society di Atlanta, berjalan 1 jam sehari dapat mengurangi risiko kanker payudara sebanyak 14 persen untuk wanita berusia lima puluh dan lebih tua. Hasil penelitian ini tidak hanya berlaku bagi wanita yang sudah berusia 50 tahun ke atas, tapi juga bagi wanita yang lebih muda.

Para peneliti dari American Cancer Society melakukan riset ini dengan melibatkan sebanyak 73.615 wanita di usia pasca-menopause, di antaranya 4.760 didiagnosis kanker payudara selama 17 tahun. Didalam kelompok tersebut, 47 persen mengatakan kerap melakukan aktivitas seperti berjalan dan penelitian menemukan dengan berjalan kaki menurunkan angka risiko terkena kanker payudara. Studi ini juga menemukan bahwa wanita yang melakukan latihan lebih kuat selama satu jam setiap hari memiliki 25 persen risiko lebih rendah menderita kanker payudara daripada yang kurang aktif. Mereka diminta untuk mengisi kuisioner tentang kesehatan mereka dan seberapa banyak mereka melakukan aktivitas seperti berjalan, berenang, dan aerobik. Mereka juga ditanya berapa lama mereka menghabiskan waktu untuk duduk, menonton televisi atau membaca. Mereka mengisi kuisioner yang sama dalam interval dua tahun pada periode 1997 dan 2009. Dari seluruh partisipan wanita yang diteliti, 47% dari mereka mengatakan kegiatan rekreasional mereka hanyalah berjalan kaki. Mereka yang berjakan kaki setidaknya tujuh jam dalam seminggu memiliki risiko 14% lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang berjalan kaki di bawah tiga jam sepekan.

Aktifitas yang lebih berat seperti aerobik, main tenis, jogging dan berenang juga bisa menghindarkan para wanita muda dari serangan kanker payudara. Jika Anda rutin melakukan latihan itu sekitar 1 jam setiap hari, risiko terkena kanker payudara akan turun hingga 25 persen. Hasil dari studi membuktikan adanya hubungan antara aktivitas fisik dengan kanker payudara pasca menopause, aktivitas yang lebih kuat memiliki efek yang lebih kuat juga.

Temuan-temuan tersebut menjadi bukti bahwa olahraga tidak hanya membuat tubuh sehat secara keseluruhan, tetapi juga menjadi perlindungan bagi para wanita dari risiko kanker payudara. Dengan berjalan kaki selama 45-60 menit setiap hari, ternyata Anda bisa mengubah hidup menjadi lebih sehat dan bermakna. Jalan kaki merupakan olahraga paling murah yang bisa Anda lakukan kapanpun dan dimana pun.

 *pic acehonline.info

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY