Jenis Makanan yang Dapat Melancarkan ASI Selain Daun Katuk

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada bulan terakhir masa kehamilan, tubuh ibu hamil akan memproduksi hormon prolaktin yang berfungsi untuk melancarkan produksi ASI sehingga tidak menjadi suatu hal yang heran pada saat bayi belum lahir ada beberapa wanita yang mengalami ASI sudah keluar terlebih dahulu.

Akan tetapi faktanya, banyak kasus yang dijumpai bahwa ibu setalah melahirkan mengalami kendala dalam jumlah ASI yang keluar, hal ini salah satu penyebab banyaknya penggunaan susu formolu yang diberikan pada bayi. Selama ini telah kita ketahui dan telah dibuktikan bahwa untuk melancarkan produksi ASI yaitu dengan mengkonsumsi daun katuk.

Daun katuk memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui dan dapat melancarkan dan memperbanyak produksi ASI. Padahal selain daun katuk masih banyak makanan yang dapat disajikan untuk ibu menyusui guna melancarkan produksi ASI. Berikut ini beberapa makanan yang dapat melancarkan ASI selain daun katuk, antara lain :

  1. Edamame atau kedelai jepang

Selain dapat meningkatkan jumlah produksi ASI, edamame memiliki kandungan protein nabati, zat besi, vitamin K, asam folatm riboflavin, mangan, magnesium, vitamin C, kalium dan fosfor. Takaran edamame yang dibutuhkan ibu menyusui yaitu sekitar 65 gram perhari.

  1. Havermout (oatmeal)

Oatmeal memiliki kandungan serat tinggi, zat bes, dan kalsium. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam oatmeal sangat disarankan bagi ibu yang ingin melancarkan produksi ASInya.

  1. Bunga pepaya

Bunga pepaya dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan produksi ASI dengan diolah menjadi tumis yang lezat. Bunga pepaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, fosfor, kalium dan enzim papain.

  1. Bayam

Bayam memiliki kandungan asam folat, vitamin B1, vitamin B6, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, riboflavin, magnesium, kalsium, fosfor dan kalium yang dimanfaatkan sebagai sayuran pelancar ASI.

  1. Jambu air

Jambu air memiliki rasanya yang manis asam dan menyegarkan saat dikonsumsi. Selain itu kandungan vitamin A, C, zat besi, fosfor dan kalsium di dalam jambu air mampu meningkatkan produksi ASI.

  1. Kemangi

Kemangi memiliki enzymm phytoestrogens yang dapat membantu melancarkan produksi ASI anda menjadi semakin meningkat. Anda dapat menambahkan kemangi ke dalam masakan atau lalaban untuk makan.

  1. Asparagus

Asparagus salah satu jenis sayuran yang direkomendasi untuk ibu hamil karena dapat meningkatkan produksi ASI. asparagus memiliki kandungan vitamin A dan vitamin K serta hormon penting pada ibu menyusui.

  1. Daun adas

Meskipun daun adas tidak setenar daun katuk dalam meningkatkan produksi, akan tetapi kandungan didalam daun adas telah terbukti dapat melancarkan ASI. Selain itu daun adas juga biasanya dijadikan sebagai ramuan herbal untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

  1. Labu
  2. Pare
  3. Kacang almond. (KMY)

Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here