Dampak Buruk Memarahi Anak di Depan Umum

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tingkah laku anak-anak memang menggemaskan, sehingga setiap hari bersama anak selalu terasa menyenangkan. Meskipun banyak yang menyenangkan, pasti ada sekali atau dua kali momen yang membuat anda merasa ingin memarahi anak anda. Alasannya bermacam-macam bisa jadi karena anak tidak patuh saat diberi tahu dengan halus dan lain sebagainya.

Sehingga ada saat anda kelepasan memarahi anak anda bahkan saat di depan umum. Jika anda pernah atau bahkan sering memarahi anak di depan umum. Maka sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Kenapa harus berhenti, bukankah memarahi anak bisa menjadi teguran agar mereka tidak berbuat buruk?

Anda harus ingat bahwa menegur anak tidak harus dengan memarahi, masih ada jalan lain yang lebih baik. Memarahi anak di depan umum justru akan berdampak buruk baginya. Adapun dampak buruk yang bisa terjadi pada anak, jika anda memarahinya di depan umum antara lain:

  1. Merasa minder di hadapan orang-orang

Dampak buruk yang cukup bahaya jika anda sering memarahi anak di depan umum adalah anak menjadi minder saat berhadapan orang lain. Kenapa mereka menjadi tak percaya diri atau minder? Bayangkan saja jika anda sebagai orang dewasa dimarahi oleh orang lain di depan umum pasti akan membuat anda merasa malu dan lain sebagainya.

Hal itu juga terjadi pada anak-anak, mereka akan merasa malu dan takut jika perbuatannya nanti akan membuat orang lain tidak nyaman sehingga dia menjadi minder saat melakukan sesuatu di hadapan orang banyak.

  1. Takut untuk bersosialisasi

Sifat tidak percaya diri atau minder yang terbentuk karena sering dimarahi di depan umum, jika tidak diatasi dengan baik maka bisa berdampak membuat anak anda tidak berani untuk bersosialisasi. Padahal bersosialisasi itu sangat penting, mengingat manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Tentunya anda sebagai orang tua akan merasa sedih jika hal ini terjadi pada anak anda.

  1. Menjadi orang yang individualis

Anak memiliki kebiasaan meniru apa yang dilakukan oleh orang dewasa. Dengan memarahi atau bersikap keras kepadanya di depan umum juga bisa membentuk pribadi yang keras pada anak. Sikap yang keras dan memberontak akan membuat kepercayaannya terhadap orang disekeliling menjadi hilang, dan anak akan menampakkan sifat yang egois, arogan atau dia menjadi orang yang individualis.

Itulah beberapa dampak buruk yang bisa terjadi pada anak yang sering dimarahi di depan umum. Jika anda tidak mau membentuk ketiga pribadi di atas, maka sebaiknya jangan sering memarahi anak anda. Jadilah orang tua yang lebih sabar sehingga anak anda akan terdidik menjadi anak yang lebih baik. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here