Jenis Makanan yang Dapat Memicu Timbulnya Jerawat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jerawat adalah keadaan dimana kulit kita tidak normal, dikarenakan terjadinya infeksi dan radang pada suatu kelenjar minyak yang ada di dalam kulit kita. Jerawat memang tergolong sangat mengganggu aktivitas yang kita lakukan, karena jerawat kita menjadi kurang percaya diri dan tidak PD. Maka dari itu kita jangan pernah menyepelekan jerawat yang timbul di muka kita.

Jerawat adalah musuh bagi setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Selain dapat mengganggu penampilan, rasa sakit yang harus dirasakan saat jerawat sudah matang tentu membuat sangat tidak nyaman. Para dokter dan ahli kecantikan percaya bahwa jerawat bisa muncul disebabkan oleh makanan-makanan yang biasa Anda konsumsi.

Penyebab munculnya jerawat pada setiap orang pun juga berbeda-beda, misalnya pada sebagian orang cokelat bisa saja menjadi penyebab timbulnya jerawat namun untuk sebagian yang lain tidak. Reaksi yang ditimbulkan dari masing-masing makanan pada setiap orang tentu saja memberikan reaksi yang berbeda-beda. Jika Anda tidak mengurangi konsumsi makanan-makanan tersebut dari sekarang maka Anda tidak akan pernah tahu. Oleh sebab itu jika Anda memiliki masalah dengan jerawat, mungkin sebaiknya hindari makanan-makanan di bawah ini selama beberapa saat, dan lihat efeknya pada masalah jerawat Anda.

  • Susu

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology mengatakan terdapat hubungan antara susu dan munculnya jerawat. dr. Frank Limpan menjelaskan bahwa susu dapat meningkatkan hormon penyebab jerawat, ia juga menganjurkan pasiennya untuk mengganti susu sapi dengan susu jenis lain.

  • Cokelat

Coklat seringkali dikatakan sebagai penyebab utama jerawat, namun dr. Ava Shamban, seorang ahli dermatologi di California, tidak setuju dengan pendapat itu. Menurut dr. Ava, kandungan gula yang tinggi pada coklat membuat daya tahan tubuh menurun sehingga membuat bakteri dari luar mudah menginfeksi dan menyebabkan munculnya jerawat.

  • Udang

Makanan laut seperti udang, kerang, dan kepiting bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Hal ini disebabkam karena udang mengandung yodium yang dapat memicu timbulnya jerawat. Tapi tidak perlu khawatir, Anda bisa mengganti udang dengan makanan laut lain yang kaya akan Omega-3 seperti ikan salmon.

  • Roti

Roti mungkin salah satu makanan yang terlihat enak dan sehat. Namun, tahukah Anda di dalam sebuah roti terkandung gula yang jumlahnya tidak sedikit. Jika gula tersebut masuk dan tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh, maka gula tersebut akan mencari jalan keluar, salah satunya melalui kulit. Hal inilah yang menyebabkan munculnya jerawat.

  • Stroberi

Stroberi mengandung banyak Vitamin C yang dapat mencegah keriput, namun juga dapat menjadi penyebab jerawat bagi beberapa orang. Asam dan Vitamin C yang sangat tinggi di dalam stroberi bisa menyebabkan jerawat di sekitar mulut dan hidung. Jika Anda sangat ingin stroberi, Anda dapat menggantinya dengan blueberi dan raspberi.

  • Kacang

Meskipun kacang bukan penyebab utama timbulnya jerawat, namun kacang mengandung lemak yang membuat kulit menjadi lebih berminyak, sehingga dapat menyebabkan munculnya jerawat. Makanan pengganti kacang yang paling baik adalah almond karena tidak mempengaruhi tingkat androgen dalam tubuh.

  • Bayam

Bayam bisa jadi makanan paling menyehatkan yang pernah ada karena kandungan potassium dan kalsium di dalamnya, serta rendah lemak dan kalori. Namun, Anda juga harus berhati-hati karena bayam juga mengandung yodium yang dapat menjadi penyebab jerawat bagi sebagian orang.

  • Keju

Sama seperti susu, keju juga dapat merusak daya tahan tubuh dan menyebabkan munculnya jerawat. Penelitian yang ditulis dalam buku The Clear Skin Diet mengatakan bahwa beberapa makanan dapat meningkatkan hormon insulin, yang membuat sel-sel dalam tubuh menyerap gula. Bila gula darah Anda meningkat dengan cepat setelah memakan makanan yang mengandung gula, hal ini dapat menyebabkan sirkulasi insulin lebih dalam aliran darah.

  • Kentang Goreng

Kentang goreng mengandung lemak yang sangat tinggi. Tentu saja jerawat tidak akan muncul secara langsung, namun setelah kita selesai memakannya, makanan tersebut akan masuk ke dalam sistem pencernaan dan akan dipecah menjadi vitamin dan nutrisi yang akan diserap oleh tubuh. Makanan tersebut dapat mempengaruhi kinerja hormon yang dapat menjadi penyebab jerawat.

  • Kopi

Secangkir kopi memang sangat efektif dapat membuat Anda terhindar dari rasa kantuk, namun Anda juga harus mewaspadai minuman yang satu ini karena juga dapat menyebabkan jerawat. Terdapat asam organik yang terkandung dalam biji kopi yang dapat meningkatkan hormon stres. Dimana stress juga merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat. Minuman pengganti kopi yang dianjurkan adalah teh.

Beberapa makanan di atas tidak harus Anda jauhi selamanya, hanya saja cukup batasi jumlah konsumsinya. Misalkan minggu ini anda tidak perlu makan coklat sama sekali dan minggu berikutnya tidak memakan kacang kacangan agar anda dapat mengetahui apakah makanan ini penyebab timbulnya jerawat pada kulit anda.

Dan jangan takut anda untuk mengkonsumsi makanan yang bergisi seperti protein lengkap seperti sayuran, buah-buahan dan menjarangkan makan makanan yang mengandung Glukosa tinggi dan lemak merupakan cara untuk menghindari munculnya jerawat.

Ada beberapa cara sehat untuk menghindari jerawat yaitu sebagai berikut :

Pola hidup sehat

Sudah menjadi rahasia umum jika pola hidup sehat dapat memengaruhi kesehatan organ tubuh kita. Begitu juga dengan jerawat. Tidur secukupnya tidak terlalu malam dan olah raga yang teratur juga dapat membantu berkurangnya jerawat. Jika Anda sering tidur larut, mulailah untuk tidur lebih awal. Karena jika Anda kurang tidur, tiap jamnya dapat memengaruhi peningkatan stres sebanyak hampir 15 persen. Meningkatnya stres dapat memicu glukokorticoid, sehingga dapat merusak struktur dan fungsi kulit. Selain tidur yang cukup dan teratur, Anda juga perlu melakukan olahraga karena olahraga mampu mengurangi stres.

Jaga kebersihan kulit

Jika Anda ingin terhindar dari jerawat, tentunya perlu menjaga kesehatan kulit. Caranya adalah dengan mencuci wajah sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan malam. Hal ini penting dilakukan karena kotoran, keringat, dan kosmetik dari aktifitas seharian menempel di wajah Anda dan dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori yang menyebabkan jerawat.

Tubuh yang sehat dan terjaga tidak hanya memengaruhi kesehatan organ dalam tubuh, tapi juga penampilan. Oleh karena itu Anda perlu menjaga pola hidup dan membatasi jenis-jenis makanan penyebab jerawat. Selain beberapa hal di atas, sebaiknya Anda juga meminum cukup air mineral, setidaknya delapan gelas sehari agar kulit Anda terhidrasi dengan baik dan tubuh Anda menjadi sehat dan bugar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here