Jenis Penyakit yang Diwariskan Orangtua pada Anak

0
9
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Semua orang pasti mengharapkan tubuh sehat dan terhindar dari serangan penyakit. Namun realitanya terdapat beberapa penyakit yang tidak bisa dicegah, karena diwariskan secara genetika. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini penyakit-penyakit yang bisa diwariskan orangtua kepada anaknya.

Penyakit hemofilia

Hemofilia merupakan salah satu penyakit yang bisa diwariskan orangtua kepada anak, berupa pembeku darah. Pembekuan darah tersebut terjadi pada kromosom X, sehingga yang mengalami hemofilia kebanyakan adalah pria. Oleh karena itu penyakit hemofilia sangat sulit dicegah, karena setiap anak pasti mengandung satu kromosom dari orangtuanya.

Penyakit buta warna

Buta warna merupakan salah satu bentuk kelainan yang berhubungan dengan pengelihatan. Kondisi ini membuat seseorang tidak bisa melihat perbedaan beberapa warna. Kelainan ini diwariskan akibat mutasi pada genetik kromosom X, namun tidak menutup kemungkinan juga diakibatkan oleh kerusakan saraf pada mata.

Penyakit diabetes melitus

Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang kemunculannya sangat berhubungan kuat dengan faktor keturunan. Penyakit ini muncul akibat tingginya kadar gula darah, karena insulin yang terdapat dalam tubuh tidak mampu bekerja optimal. Seorang anak yang mempunyai antigen leukosit (HLA) dalam darah karena warisan orangtuanya, akan beresiko lebih besar terserang diabetes.

Penyakit thalasemia

Thalasemia merupakan bentuk kelainan darah akibat hemoglobin mudah pecah. Penyakit tersebut bisa muncul akibat faktor genetik. Akibat terjadi kelainan darah, anak menjadi terlihat pucat. Guna mengatasinya anak perlu mendapatkan transfusi darah secara rutin, sehingga hemoglobin selalu dalam kondisi normal.

Penyakit kebotakan

Kebotakan sebenarnya diakibatkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah keturunan dari orangtua. Apabila ayahnya menderita kebotakan, maka kecenderungannya akan ada salah satu anak yang juga mengalami kebotakan. Rupanya gen APCDD1 yang mengakibatkan folikel pada rambut menyusut, sehingga semakin lama akan semakin menipis.

Penyakit alergi

Alergi sebagian besar diakibatkan oleh faktor keturunan. Apabila orangtua mempunyai penyakit alergi, maka ada kecenderungan sekitar 70% anak juga menderita alergi. Namun bila hanya salah satu orangtua yang mengalami alergi, maka faktor anak terserang alergi dapat menurun sekitar 30%.

Penyakit albino

Albino merupakan suatu penyakit keturunan yang diakibatkan anak mengandung gen albino dari ibu atau ayah. Pada umumnya anak yang albino, lahir dari orangtua yang mempunyai gangguan terkait produksi melaninnya.

Penyakit asma

Asma adalah salah satu penyakit keturunan yang sering dijumpai pada masyarakat Indonesia. Faktanya dalam pewarisan penyakit asma, faktor ibu lebih memiliki kecenderungan kuat dibandingkan dari bapak. Selain faktor keturunan, kemunculan penyakit asma menjadi lebih cepat tumbuh akibat faktor lingkungan.

Bagi orangtua yang merasa memiliki salah satu penyakit di atas dan kebetulan mempunyai anak yang masih kecil, maka tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan anak tersebut ke dokter. Tujuannya untuk mengetahui kondisi kesehatan anak, sehingga bisa mengambil langkah antisipasi bila muncul tanda-tanda yang tidak beres pada kesehatannya. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY