Kenali Bahaya Penyakit Klamidia pada Kelamin Wanita

0
19
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat, banyak perempuan yang takut dengan berbagai macam penyakit di vagina. Salah satunya ialah penyakit klamidia. Penyakit klamidia bisa menjadi serius jika tidak dibasmi secara tuntas.

Apa yang Dimaksud dengan Penyakit Klamidia?

Penyakit klamidia merupakan penyakit kelamin yang penularannya melalui hubungan seksual yang tidak memakai kondom. Penyakit klamidia bisa menyerang wanita maupun pria dengan usia berapa pun. Tapi pada umumnya klamidia diderita oleh perempuan yang masih muda dan masih aktif melakukan hubungan seksual.

Penyebab penyakit klamidia ialah terjangkit bakteri yang dinamakan Chlamydia Trachomatis. Bakteri ini ditularkan oleh seseorang karena aktif melakukan hubungan seksual tanpa memakai pelindung atau kondom. Bukan hanya ditularkan melalui hubungan seksual antar organ intim, tapi bisa juga ditularkan melalui oral seks, anal, dan bersentuhan antar alat kelamin.

Seseorang yang melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan sangat berpotensi terjangkit penyakit klamidia. Bahkan bisa jadi seseorang yang sehat pun bisa tertular oleh seseorang yang memiliki penyakit klamidia.

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko penyakit klamidia ialah sebagai berikut:

  1. Sebelumnya sudah terdeteksi mengalami penyakit seks menular.
  2. Berhubungan intim dengan banyak orang atau suka berganti pasangan.
  3. Saat berhubungan seksual seringkali tidak memakai kondom.
  4. Biasanya diderita oleh seseorang yang sudah aktif berhubungan seksual di usia dini atau sebelum usia 18 tahun.

Seorang ibu yang menderita penyakit klamidia dapat menularkan penyakitnya kepada keturunannya. Sehingga anak dilahirkan dengan kondisi mata bengkak, mengeluarkan cairan atau konjungtivis. Untuk menghindari hal serupa, maka setiap wanita perlu memeriksakan dirinya sebelum memiliki anak sehingga jika ada infeksi tidak akan ditularkan pada anaknya.

Penyakit klamidia bukan hanya menginfeksi organ intim, tapi menyebabkan mata terkena konjungtivis. Cairan vagina atau pun cairan sperma yang mengenai mata bisa membuat mata menjadi bengkak, mengeluarkan banyak cairan, dan perih. Cairan mengandung bakteri dari organ intim yang terkena klamidia jika mengenai anus, maka bisa membuat anus terinfeksi. Anus akan mengeluarkan cairan dan terasa perih.

Ada baiknya seseorang setia terhadap pasangannya sehingga tidak terjangkit berbagai macam penyakit kelamin, termasuk klamidia. Klamidia merupakan penyakit yang bisa diderita oleh seseorang yang hobi berganti-ganti pasangan. Supaya lebih terjaga lagi, ada baiknya menggunakan kondom sehingga mencegah berbagai macam penyakit yang dapat ditularkan oleh pasangannya.

Banyak orang awalnya tidak menyadari jika memiliki penyakit klamidia. Penyakit klamidia biasanya akan mulai dirasakan ketika sudah memasuki beberapa waktu yang cukup lama. Pastikan melakukan cek kesehatan vagina sebelum memiliki anak, sehingga anak dapat terlahir dengan kondisi sehat.

Demikian informasi mengenai bahaya penyakit klamidia. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY