Khasiat Belimbing Wuluh Menurunkan Hipertensi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Belimbing wuluh salah satu jenis makanan yang sering kali digunakan sebagai bumbu dan penyedap masakan. Buah ini memiliki harga yang murah dan mudah ditemukan. Belimbing wuluh termasuk ke dalam familia Oxalidaceae yang ditemukan di wilayah Malaysia.

Belimbing wuluh tumbuh pada ketinggian hingga 500 meter diatas permukaan laut dan tumbuh di tempat lembab. Buah ini memiliki daya tahan yang cukup kuat sehingga sering kali dijadikan tanaman apotek hidup dan sebagai hiasan di halaman rumah. Untuk membudidayakan tanaman ini tidaklah susah karena dapat berkembang di wilayah lembab dan trofis seperti di Indonesia.

Belimbing wuluh memiliki rasa yang asam yang biasa digunakan masyarakat sebagai penambah cita gurih masakan. Selain itu buah ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dimana dapat mengatasi penyakit hipertensi, benarkah?

Hipertensi atau dalam istilah awam dikenal dengan penyakit tekanan darah tinggi yaitu suatu keadaan dimana seseorang mengalami tekanan darah pada pembuluh darah bersih yang mengalami peningkatan. Seseorang dikatakan hipertensi apabila tekanan darahnya 140/90 mmhg. Kondisi ini salah satu penyakit yang cukup serius jika tidak diatasi dengan benar karena dapat menimbulkan beberapa komplikasi seperti penyakit kolesterol, stroke, penyakit jantung, dll.

Secara empiris belimbing wuluh dikenal dapat mengatasi tekanan darah tinggi karena memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa belimbing wuluh memiliki kandungan nutrisi berupa pectin yang dikenal dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Selain itu belimbing wuluh memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin C, B1, B2, provitamin A, fosfor, kalsium, zat besi, kalium dan serat. Kandungan pectin di dalam belimbing wuluh tidak hanya menurunkan tekanan darah tinggi akan tetapi mampun mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh bersama kotoran lainnya.

Tidak hanya sampai disitu, ternyata belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C dalam buah ini sekitar 33,00 mg dalam 100 gram belimbing wuluh. Telah kita ketahui bahwa vitamin C merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan sel kanker.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa belimbing wuluh dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan itu fakta bukan mitos. Untuk mendapatkan manfaat dan efek antihipertensi anda harus meramu buah tersebut. berikut ini cara meramu buah belimbing wuluh yang dijelaskan oleh seorang ahli tanaman obat yang bernama dokter Setiawan Dalimarta, antara lain :

  • Rebusan belimbing wuluh

Ambil 3 buah belimbing wuluh berukuran sedang, cuci hingga bersih menggunakan air mengalir dan potong sesuai selera. Setelah itu rebus dengan 3 gelas air dan tunggu sampai mendidih hingga air menyusut menjadi 1gelas. Saringlah saat akan dikonsumsi setelah makan siang.

  • Rebusan belimbing wuluh dan biji srigading

Rebusan belimbing wuluh dan biji srigading 25 gram (tumbuk hingga halus). Cuci kedua bahan tersebut dan kemudian rebus keduanya dalam 4 gelas air. Saring terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

  • Parutan belimbing wuluh

Cuci belimbing wuluh hingga bersih kemudian parut dan peras lalu ramuan dapat disajikan setelah makan siang. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here