Khasiat Pohon Ginkgo Biloba untuk Kesehatan Otak Anda

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ginkgo biloba atau yang disebut dengan pohon Maindenhair adalah salah satu spesies pohon tertua di bumi. Pohon ginkgo ini memiliki sifat sangat unik yaitu mereka akan tumbuh lebih dari 39,6 meter dan bahkan dapat hidup dari seribu tahun. Ternyata sejak ribuan tahun yang lalu khasiat dari tanaman ini dipercaya dapat mengobati beberapa kondisi, salah satunya yaitu dapat mengatasi kondisi yang berhubungan dengan gangguan ingatan.

Ginkgo biloba pada dasarnya aman dikonsumsi, terutama dalam bentuk suplemen yang dijual di pasaran. Tetapi, jika Anda memang tidak cocok mengonsumsi Ginkgo biloba, Anda akan merasakan mual, muntah, pusing bahkan diare. Efek samping lanjut dari Ginkgo biloba bahkan bisa menyebabkan ruam dan gatal. Jika sudah ada tanda seperti di atas, segeralah menghubungi dokter. Selain itu, bagi yang memiliki epilepsi, diabetes atau bahkan masalah kesuburan tidak disarankan untuk mengonsumsi Ginkgo biloba.

Berikut khasiat ginkgo biloba untuk kesehatan otak:

  1. Mengonsumsi ekstrak daun ginkgo biloba disebut-sebut bisa menangani daya ingat. Namun sepertinya hal itu belum dibuktikan sepenuhnya. Penelitian kecil di awal menunjukkan bahwa ginkgo biloba bisa memperbaiki fungsi kognitif orang lanjut usia yang memiliki demensia. Namun, sejumlah studi lebih lanjut menyatakan bahwa tanaman ini tidak dapat mencegah masalah kehilangan daya ingat atau memperlambat penurunan fungsi kognitif atau penyakit Alzheimer pada orang lanjut usia. Para ahli pun memutuskan untuk tidak merekomendasikan penggunaannya sebagai obat untuk memperbaiki fungsi ingatan.
  2. Beberapa penelitian merekomendasikan untuk mengonsumsi ginkgo biloba dengan Panax ginseng atau condonopis. Kombinasi itu disebut bisa meningkatkan daya ingat lebih baik ketimbang mengonsumi ginkgo biloba saja. Meski begitu, hal ini juga belum dibuktikan sepenuhnya.

Khasiat lain pada pohon ginkgo biloba yaitu:

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Selain untuk otak, kekuatan khasiat lainnya yang paling menonjol adalah untuk penglihatan. Ekstrak ginkgo biloba akan efektif untuk membantu menstimulasi sistem jaringan saraf pada mata, menjaga kesehatan jaringan pada mata dengan cara memperbaiki setiap keruksakan sel yang terjadi.

  1. Memperbaiki kerusakan pembuluh darah

Pada dasarnya ginkgo biloba juga di ketahi mampu mengatasi keluhan seputar sirkulasi darah seperti pendarahan, tekanan darah serta keruksakan dinding pembuluh darah. Kandungan terpenoid didalamnya bekerja meregenerasi sel pembuluh darah serta mengembalikan elastisitas pembuluh darah yang rusak akibat endapan plak kolesterol.

  1. Mengurangi gejala nyeri sendi

Di dalam ginkgo biloba juga di ketahui mengandung antiinflamasi yang bekerja untuk mengatasi sejumlah keluhan peradangan dan juga inflamasi dalam tubuh. Sifat analgesik di dalamnya mampu membuatnya kerap menjadi pilihan herbal dalam mengatasi nyeri sendi akibat asam urat, artyhritis hingga rematik. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here