Khasiat Teh Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Teh adalah salah satu jenis minuman yang cukup diminati oleh setiap orang diseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Jenis minuman ini sering kali disajikan pada pagi hari atau ketika santai bersama keluarga dan ditemani dengan cemilan. Teh memiliki berbagai jenis seperti teh hijau, teh hitam dan lain-lain.

Setiap orang memiliki teh favorit masing-masing sesuai dengan seleranya. Bagi anda yang menyukai jenis teh hitam, apakah anda mengetahui manfaatnya? Teh hitam ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya sebagai berikut :

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan antioksidan berupa flavonoid dan polifenol di dalam teh hitam dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti kerusakan dinding pembuluh darah, pembukuan darah, penyakit jantung, dll.

  1. Mencegah kanker

Kandungan polifenol dalam teh hitam tidak hanya baik untuk kesehatan jantung tapi dapat mencegah terbentuknya karsinogen. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa teh hitam mampu mencegah kanker lambung dan kanker payudara karena memiliki kandungan TF-2 yang dapat menghambat sel-sel kanker.

  1. Menjaga kecantikan dan kesehatan kulit

kandungan nutrisi yang terdapat didalam teh berfungsi untuk merawat dan menjaga kecantikan tubuh seperti : kesehatan rambut, wajah, kulit tubuh, mengurangi mata panda, mencegah dan mengatasi jerawat dan melembutkan bibir.

  1. Menjaga jaringan ikan dan tulang

Hasil sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang sering mengkonsumsi teh hitam memiliki tulang yang lebih kuat. Hal ini dikarenakan teh hitam memiliki kandungan fitokimia.

  1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Teh hitam memiliki kandungan nutrisi berupa tanin yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan seperti menurunkan aktivitas usus. Selain itu kandungan polifenol dalam teh berfungsi sebagai anti inflamasi sehingga mencegah terjadinya irritable bowel syndrome.

  1. Menjaga kesehatan otak dan saraf

Teh hitam memiliki kandungan kafein meskipun tidak sebanyak kandungan kafein dalam kopi. Kandungan kafein tersebut dapat meningkatkan fokus mental dan konsentrasi. Selain itu kandungan L-teanin dalam teh hitam mampu membuat anda merasa lebih rileks.

  1. Meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh

Kandungan kafein dalam teh hitam mampu menjaga stamina dan sistem kekebalan tubuh.

  1. Menurunkan resiko diabetes

Kandungan katekin dan theaflavin dalam teh hitam dapat membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin dan mencegah disfungsi sel beta, sehingga resiko terjadinya diabetes cukup rendah.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa katekin merupakan jenis antioksidan yang terdapat dalam teh hitam mampu menjaga kesehatan mulut dan mencegah kanker mulut.

  1. Mengurangi resiko parkinson

Kandungan polifenol dalam teh hitam mampu menurunkan resiko penyakit parkinson yang biasanya dapat menyerang orangtua.

  1. Mencegah obesitas

Teh salah satu jenis minuman yang sering digunakan untuk diet. Sehingga dapat mencegah terjadinya obesitas. Selain itu teh hitam memiliki efek diuretik yang membuat seseorang mengkonsumsinya selalu merasa ingin BAK.

  1. Meredakan asma

Hasil penelitian menyatakan bahwa teh hitam mengandung falvonoid yang mampu menjaga kesehatan sistem pernafasan dan dapat mengatasi penyakit asma. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here