Dampak Buruk Kondisi Sembelit pada Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sembelit adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak bisa mengeluarkan sisa kotoran dalam tubuh berupa feses atau sulit BAB. Kondisi ini dalam medis disebut dengan obstipasi atau konstipasi. Sembelit atau susah BAB dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab seperti kurangnya konsumsi cairan, kurangnya konsumsi makanan yang mengandung serat dan lain-lain.

Seseorang yang mengalami kondisi ini akan menimbulkan ketidaknyamanan pada perut dan dapat beresiko pada kondisi yang menganggu kesehatan. Berikut ini beberapa dampak buruk yang terjadi pada tubuh jika tidak BAB berhari-hari, antara lain :

  1. Sakit perut yang hebat

Dalam feses mengandung bakteri sekitar 75%, protein, sisa makanan yang tidak di cerna, lemak, garam, lendir dan sel-sel mati. Feses sebagian besarnya air sehinga mudah bergerak dan keluar. Akan tetapi apabila anda sulit BAB tentu hal ini akan mengakibatkan feses anda mengeras karena kandungan air di dalamnya diserap kembali oleh tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit perut yang hebat.

  1. Tubuh merasa sangat lelah

Sembelit atau sulit BAB berhari-hari akan menimbun bakteri dalam usus berhari-hari. Hal ini akan mengakibatkan keracunan yang disebabkan oleh terhambatnya aliran oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa adanya oksigen tubuh akan merasakan lelah dan lemas.

  1. Penumpukan kotoran

Setiap hari organ tubuh menjalankan setiap fungsinya, termasuk organ tubuh yang memiliki peran dalam mencerna makanan. Hasil dari sistem metabolisme yang tidak dikeluarkan akan mengakibatkan penumpukan sisa makanan yang menjadi kotoran. Hal ini akan sangat berbahaya jika tidak segera diatasi.

  1. Diverticulosis

Diverticulosis merupakan suatu kondisi dimana adanya tonjolan berupa kantong-kantong di usus besar pada saat mendapatkan banyak tekanan dari kotoran. Tonjolan tersebut terjadi pada organ tubuh yaitu usus besar. Pada tonjolan dibagian usus besar itulah akan menjadi sebuah tempat fermentasi dan makanan busuk yang memicu pertumbuhan bakteri.

  1. Infeksi bakteri

Sulinya BAB atau sembelit tentu akan menyebabkan keracunan akibat penumpukan kotoran yang tidak dikeluarkan oleh tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan adanya tonjolan berupa kantong-kantong dibagian usus besar yang menjadi tempat fermentasi dan sisa makanan yang telah di cerna. Kondisi tersebut akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan bakteri jahat yang akan menimbulkan beberapa penyakit salah satunya terjadi infeksi bakteri.

  1. Peritonitis

Peritonitis merupakan suatu kondisi dimana dinding otot usus mengalami penipisan dan akhirnya pecah. Hal ini akan beresiko adanya nanah yang mengandung bakteri di dalam usus tersebut bocor kebagian perut lainnya akibat peradangan.

  1. Wasir

Wasir merupakan suatu kondisi dimana terjadinya pelebaran pembuluh darah pada anu dan akan mengakibatkan pembengkakan dan akhirnya timbul tonjolan ke luar. Kondisi ini terjadi akibat kebiasaan menedan ketika BAB yang dipicu oleh kondisi sembeli.

  1. Tumor usus

Sembelit yang berkepanjangan akan beresiko pada kondisi tumor usus. Hal ini perlu anda waspadai agar tidak berlanjut pada kondisi kanker. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here