Macam-macam Bakteri yang Terdapat pada Vagina

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Vagina adalah organ tubuh wanita yang sensitif, jika tak menjaga kebersihannya maka masalah atau penyakit bisa langsung berdatangan menginfeksi vagina mulai dari yang ringan hingga berat seperti penyakit kanker serviks. Oleh karena itu penting menjaga kebersihan dan kesehatan vagina.

Masalah atau penyakit pada vagina sering dikaitkan dengan adanya mikroorganisme dalam vagina seperti jamur, virus dan bakteri. Namun, dari ketiga mikroorganisme tersebut yang paling umum menyebabkan penyakit pada vagina adalah bakteri. Karena seperti yang kita ketahui bahwa ada bakteri yang hidup di vagina yaitu bakteri baik dan bakteri jahat dan yang sering menyebabkan penyakit adalah bakteri jahat.

Menjadi penyebab utama penyakit pada vagina, sebenarnya ada bakteri apa saja yang terdapat di dalam vagina? Ada berbagai macam bakteri yang terdapat di dalam vagina tapi 95% dari total bakteri yang hidup di vagina adalah bakteri baik Lactobacillus dan 5% sisanya adalah bakteri jahat atau pathogen.

Sedangkan dari penelitian yang dilakukan oleh Larry Forey seorang peneliti dari University of Idaho dan Jacques Ravel dari University of Maryland, Amerika Serikat. Menyatakan bahwa di dalam vagina terdapat habitat lima koloni bakteri. Dari lima koloni bakteri tersebut, tiga diantaranya didominasi dari spesies Lactobacillus dan dua tipe terakhir dari berbagai macam bakteri. Bakteri-bakteri tersebut bisa berubah dengan cepat namun dalam artian yang positif.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa di dalam vagina ada bakteri baik dan juga bakteri jahat. Lima koloni bakteri yang disebutkan di atas termasuk bakteri yang baik karena perubahannya bersifat positif, lalu apa saja bakteri jahat yang bisa hidup di dalam vagina, berikut macam-macam bakteri jahat yang bisa hidup di dalam vagina:

  1. Chlamydia trachomatis

Chlamydia trachmatis adalah bakteri jahat yang menyebabkan penyakit klamidia. Gejala yang muncul apabila vagina terinfeksi jenis bateri ini yaitu nyeri pada vagina, demam, adanya pembengkakan, vagina sakit saat berhubungan seksual, sakit dibagian perut bawah dan keluarnya cairan abnormal pada vagina.

  1. Treponema pallidum

Treonema pallidum adalah bakteri yang masuk dalam golongan gram negatif dan merupakan penyebab penyakit sifilis. Bakteri ini cukup berbahaya bagi ibu hamil yang terinfeksi karena dapat menularkannya pada janin yang berada di dalam rahim. Jenis sifilis ini disebut sifilis kongenital.

  1. Neisseria gonorrhae

Selain treponema pallidum, ada bakteri gram negatif lainnya yang hidup di vagina yaitu neisseria gonorrhae. Bakteri ini adalah penyebab penyakit gonore atau kencing nanah. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here