Macam-macam Panganan Ringan saat Lebaran

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hari Raya Idul Fitri memang identik dengan berbagai jenis kue dan makanan tradisonal. Momen istimewa karena berjumpa dengan sanak keluarga, menjadi lebih bermakna jika dilewati sembari menyantap berbagai panganan. Lantas apa saja panganan-panganan ringan yang biasanya hadir saat Lebaran?

Aneka kue kering menjadi panganan Lebaran

Indonesia yang kaya adat istiadat dan budaya memiliki aneka kuliner tradisional yang cocok untuk disajikan ketika Lebaran. Dari berbagai panganan Lebaran, aneka kue kering biasanya menjadi primadona sebagai hidangan ringan.

Meskipun banyak dijual berbagai kue-kue ringan di pasaran, namun tidak sedikit pula ibu-ibu yang membuatnya sendiri di rumah. Kue-kue kering pada saat Lebaran, umumnya disuguhkan dengan aneka minuman-minuman ringan. Lantas apa saja macam-macam panganan ringan ketika Hari Lebaran?

Paling umum yang tersedia di meja tamu antara lain kue kacang bawang, kue kuping gajah, kue semprong, kue nastar, kue putri malu dan kue-kue kering kering lainnya. Namun demikian ada pula pangan lain yang juga diminati seperti tape ketan hitam.

Apabila ibu dapat membuat panganan sendiri, lantas kenapa harus membeli. Meski membeli dianggap lebih praktis, namun uang yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Di satu sisi dengan membuat panganan ringan sendiri, uang yang dikeluarkan bisa ditekan. Berikut ini akan dipaparkan beberapa informasi mengenai panganan ringan yang bisa menjadi referensi.

Kue keju kastengel panganan ringan untuk lebaran

Seperti yang diketahui jika kue keju kastengel adalah resep dari negeri Belanda. Kue tersebut biasanya dijual dalam toples-toples kecil. Bahan-bahan yang digunakan antara lain tepung maizena, terigu, baking powder, telur ayam, margarin, susu cair dan keju padat. Silahkan ibu mempelajari cara membuat kue keju kastengel tersebut dari berbagai sumber. Dengan membuat sendiri, ibu akan lebih mendapatkan pengalaman.

Kue kuping gajah panganan ringan untuk lebaran

Kue tradisional yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain tepung terigu, margarin, gula, cokelat bubuk dan telur ayam. Tidak terlalu sulit untuk membuat kue kuping gajah yang renyah dan enak.

Keripik kentang (chitato) panganan ringan untuk lebaran

Keripik kentang (chitato) cukup digemari oleh anak-anak karena cocok untuk dijadikan panganan cemilan. Bahan-bahannya juga cukup mudah dicari, seperti kentang dan kapur sirih. Jika sudah jadi, kripik kentang ini sangat cocok sebagai teman anak-anak saat menonton televisi.

Kacang bawang panganan ringan untuk lebaran

Kue kacang bawang bisa saja disebut sebagai panganan wajib ketika Hari Lebaran. Dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapatkan, kue kacang bawang juga cukup mudah dibuat sendiri. Selain kue-kue di atas, masih banyak lagi kue-kue ringan yang cocok dihadirkan sebagai panganan saat Lebaran. (APY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here