Makanan Peningkat Kualitas Darah

SehatFresh.com – Darah sangat penting untuk menjalankan fungsi-fungsi organ penting di dalam tubuh. Kualitas darah yang baik sangat diperlukan untuk kesehatan, agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Darah yang mengalir di dalam tubuh membawa oksigen serta sari-sari makanan untuk dialirkan pada organ-organ dalam tubuh. Makanan yang dikonsumsi setiap hari memiliki pengaruh besar terhadap kualitas darah. Selain memengaruhi kualitas darah, makanan juga berdampak besar pada pembuluh darah dan kesehatan jantung Anda.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kualitas darah, diantaranya:

  • Sayuran hijau
    Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam merupakan makanan alkali yang mengandung banyak klorofil. Klorofil yang terdapat pada sayuran hijau memiliki struktur kimia yang hampir sama dengan hemoglobin (sel darah merah). Menurut penelitian para ahli gizi, klorofil sangat membantu dalam merangsang pembentukan sel darah merah pada penderita anemia.
  • Bit
    Bit mengandung serat, zat besi, vitamin C, serta mengandung betacyanin, senyawa yang bisa melawan kanker usus. Bit juga mengandung antioksidan yang telah terbukti bisa menurunkan kolestrol jahat dan meningkatkan kolestrol baik dalam tubuh. Protein yang terkandung dalam bit diperlukan untuk meningkatkan sel-sel darah dan memperlancar sirkulasi darah.
  • Daging merah
    Daging adalah makanan yang menjadi sumber hemoglobin terbaik. Daging juga mengandung vitamin B-12, yang berguna untuk membantu menjaga tingkat zat besi normal dalam tubuh. Daging merah seringkali dikaitkan dengan kolestrol. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan, daging merah dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.
  • Mentimun
    Mentimun adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kualitas darah karena memiliki sifat anti-inflamasi. Mentimun dapat mengeluarkan limbah dan racun dari tubuh. Mentimun memiliki kandungan air, kalium dan vitamin C yang baik untuk aliran darah.
  • Kacang almond
    Kacang almond merupakan kacang yang memiliki kandungan zat besi yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. Seperti telah diketahui, zat besi ini berperan dalam pembentukan sel darah merah. Satu ons kacang almond menyumbangkan enam persen kebutuhan zat besi harian bagi tubuh.
  • Asparagus
    Asparagus bisa mengurangi racun dan limbah dalam darah. Mengonsumsi asparagus secara teratur dapat membantu memurnikan darah, menormalkan sirkulasi darah serta memungkinkan drainase hati.
  • Delima
    Delima dapat membantu untuk meningkatkan aliran darah ke jantung pada orang yang menderita penyakit arteri koroner. Buah ini mengandung fitokimia yang bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan lapisan halus pada pembuluh darah.
  • Alpukat
    Selain kaya akan kandungan serat, alpukat juga mengandung asam lemak omega 3 yang juga berfungsi membantu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.
  • Kunyit
    Kunyit mengandung kurkumin yang merupakan zat inti yang dapat mengurangi peradangan yang terjadi karena pengerasan pembuluh darah. Zat tersebut memiliki kapasitas untuk mengurangi lemak di arteri hingga 26 persen. Pada wanita, kunyit sangat bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah saat menstruasi.

Sumber gambar : spesialisherbal.blogdetik.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY