Manfaat Alis Mata pada Wanita dan Dampak Jika Dicukur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, wanita tentunya hobi sekali mempercantik alis. Berbagai cara dilakukan untuk mempercantik alis dengan cara mencukur dan membuat alis buatan dengan pensil alis. Tak sadarkah kita alis mata begitu bermanfaat? Lalu dampak apa yang ditimbulkan jika dicukur?

Apa Manfaat Alis Mata?

Alis mata ialah rambut atau bulu yang tumbuh di atas mata. Hampir sebagian besar jenis mamalia tercipta untuk memiliki alis mata seperti manusia. Pada umumnya alis mata memang diciptakan untuk menjaga mata dari berbagai kotoran. Lebih detail lagi manfaat alis bisa dijabarkan sebagai berikut:

  • Memberi kesan atau penilaian pada seseorang

Banyak orang melihat kesan atau penilaian seseorang dengan bentuk alisnya. Misalnya pemilik alis tebal dianggap sebagai orang yang tegas. Alis mata tipis dianggap lebih sensitif. Alis mata berbentuk seperti pedang dianggap keras kepala dan hobi debat. Alis mata lurus berkesan cablak. Alis mata berbentuk bulan sabit berkesan loyal dan rendah hati.

  • Komunikasi Non Verbal

Alis mata sangat berpengaruh bagi komunikasi non verbal saat menjadi pembicara. Alis bisa menjadi alat komunikasi seperti misalnya menaik-turunkan sebagai tanda setuju dan mengerutkan alis sebagai tanda kebingungan.

  • Efek kecantikan

Alis mata sangat mempengaruhi kecantikan wajah, maka tak heran banyak alis mata yang dicukur dan disulam sesuai dengan bentuk yang diidamkan.

  • Efek kesehatan

Mencegah masuknya keringat dan kotoran dari dahi langsung ke mata. Apabila keringat dan kotoran langsung masuk ke mata tentunya akan mengurangi kinerja dan kesehatan mata.

  • Melihat kondisi emosional

Manfaat alis salah satunya ialah untuk melihat kondisi emosional seseorang. Dari alis dapat dideteksi apakah seseorang sedang senang, sedih atau bahagia, murung, galau dan sebagainya.

Dampak Mencukur Alis Mata

  1. Air hujan mudah masuk ke mata secara langsung.
  2. Debu dan kotoran dapat dengan bebas masuk ke mata.
  3. Keringat dapat langsung masuk ke mata. Padahal keringat banyak mengandung garam dan dapat membuat mata merasakan perih.

Meskipun ada beberapa orang yang terlahir tanpa alis, tapi biasanya orang yang lahir tanpa alis memiliki bulu mata panjang atau tulang tengkorak yang menonjol sehingga tetap dapat melindungi mata.

Cara Merawat Alis Mata

  1. Jika ingin mempercantik bentuk alis bisa dicukur sedikit tapi jangan semua karena akan berdampak buruk pada kesehatan.
  2. Rutin mencuci muka termasuk menyabun pada bagian alis agar kebersihan dan kelembabannya dapat terjaga.
  3. Perhatikan kandungan kimia pada make-up, sebaiknya jangan menggunakan make-up yang berbahaya karena akan merusak alis mata.

Demikian informasi mengenai manfaat alis mata dan dampak buruk jika mencukur bulu mata secara berlebihan. Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi kesehatan Pembaca. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY