Manfaat Anak Harus Makan Tiga Kali Sehari

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika terkadang anak-anak susah untuk makan sehari-hari. Namun ada pula anak-anak yang justru meminta makan di luar jam yang sudah ditetapkan orangtua. Lantas yang ideal, berapa kali anak harus makan dalam sehari?

Pentingkah mengatur jadwal makan anak?

Mengatur jadwal makan anak sangatlah penting. Tidak hanya jadwal makan besar, tapi juga makanan camilan yang biasanya dikonsumsi anak. Dengan mengatur jadwal makan secara tidak langsung menerapkan pola disiplin dalam kehidupan anak.

Selain itu jadwal makan yang teratur dapat menjaga asupan kalori, vitamin dan nutrisi pada anak yang sedang memasuki masa pertumbuhan. Anak juga akan terhindar dari serangan penyakit, khususnya maag yang terjadi karena makan tidak teratur.

Kemudian jadwal makan yang teratur jga bisa menghindari anak dari masalah berat badan atau obesitas. Khususnya bagi camilan yang tidak dibatasi, maka bisa berpengaruh buruk pada selera makan anak karena sudah merasa kenyang.

Sebenarnya bila mengonsumsi camilan pada waktu dan porsi yang tepat, maka dapat membantu anak mencapai berat badan yang ideal. Namun sebaliknya jika jadwal mengonsumsi camilan tidak teratur, maka bisa mengganggu kesehatan anak.

Lantas yang ideal, berapa kali anak makan dalam sehari?

Idealnya anak-anak makan tiga kali sehari dan mengonsumsi camilan dua kali sehari. Sementara untuk remaja dapat makan tiga kali sehari dan mengonsumsi camilan sekali dalam sehari. Namun jadwal itu bisa saja berubah dengan mempertimbangkan kondisi dan aktivitas anak sehari-hari.

Libatkan anak untuk memilih makanan dan camilan

Tidak ada salahnya bagi orangtua untuk melibatkan anak dalam memilih makanan sehari-hari. Tujuannya agar minat anak lebih besar dalam menyantap makanan. Anak juga merasa dihargai karena bisa memilih makanan kesukaannya sendiri.

Kapan waktu yang tepat memberikan camilan?

Orangtua dapat memberikan camilan ringan pada anak beberapa jam setelah makan besar atau bisa juga dua jam sebelum makan. Jangan memberikan camilan kurang dari satu jam karena bisa mempengaruhi minat anak makan besar akibat masih merasa kenyang. Dengan jadwal makan dan mengemil yang teratur dapat membantu anak dalam menjaga berat badan ideal.

Panduan nutrisi dalam makanan dan camilan anak

Kebutuhan nutrisi, vitamin, dan mineral pada anak harus terpenuhi dari makanan yang dikonsumsi. Orangtua saat membuat resep makanan anak, sudah semestinya mempertimbangkan kandungan nutrisinya. Lantas nutrisi apa saja yang harus ada dalam makanan dan camilan anak?

Beberapa nutrisi yang harus ada dalam makanan dan camilan anak antara lain protein, serat, kalsium, antioksidan, zat besi, asam folat, karbohidrat, lemak, dan vitamin. Kesemuanya itu dapat membantu anak melewati masa pertumbuhan secara maksimal. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here