Manfaat Daun Sirih untuk Area Kewanitaan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menurut hasil sebuah penelitian sekitar 75% wanita dari remaja hingga paruh baya mengalami masalah area kewanitaan. Masalah kewanitaan tersebut pada umumnya berupa keputihan, bau tidak sedap, gatal dan lain sebagainya. Masalah tersebut dapat anda atasi dengan cara menjaga kebersihan diri terutama vulva hygiene.

Selain itu anda dapat mengatasi dengan ramuan tradisional yang terbuat dari tumbuhan herbal yaitu daun sirih. Menurut seorang ahli herbal menyatakan bahwa daun sirih memiliki kandungan minyat atsiri yang berfungsi sebagai antiseptik, antibakteri, antioksidanm dan antijamur. Penelitian tersebut menyatakan bahwa daun sirih memiliki kandungan bahan kimia yang bersifat minimum inhibitory concentration (MIC) atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai konsentrasi hambat minimum.

Hal ini artinya daun sirih tidah bisa memustahkan bakteri tersebut akan tetapi dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Pada area organ kewanitaan terdapat bakteri baik dan bakteri yang tidak baik. Sehingga disini daun sirih berperan membantu mengendalikan jumlah bakteri yang tidak baik atau merugikan. Untuk memperoleh manfaat daun sirih untuk area kewanitaan anda dapat melakukannya dengan cara :

  1. Gunakan daun sirih sebanyak 5-10 lembar yang segar dan kemudian cuci hingga bersih.
  2. Siapkan air bersih dalam panci sebanyak 2,5 liter dan masukan daun sirih yang sudah bersih tersebut, rebus hingga mendidih.
  3. Dinginkan air rebusan tersebut sampai setara suhu ruangan.
  4. Sebaiknya anda saring terlebih dahulu air rebusan tersebut sebelum anda menggunakannya.
  5. Gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci vagina dengan cara membasuh dan membersihkan dari arah depan ke belakang.
  6. Keringan vagina dengan menggunakan handuk yang bersih.
  7. Sebelum menggunakan cara ini seorang dokter yang bernama Irmanida menyatakan bahwa untuk memastikan air rebusan daun sirih ini aman untuk seseorang yang memiliki kulit sensitif sebaiknya anda lakukan percobaan beberapa kali pada bagian kulit lainnya.

Daun sirih memiliki banyak manfaat yang dapat anda rasakan untuk mengatasi berbagai masalah di area kewanitaan. Berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan miss V, antara lain :

  1. Membersihkan vagina

Daun sirih dapat membantu membersihkan dan mengurangi pertumbuhan bakteri yang terdapat pada vagina dengan memakai air rebusan daun sirih.

  1. Merapatkan vagina

Rebusan daun sirih dapat juga bermanfaat untuk mengencangkan dan merapatkan vagina sehingga vagina terasa lebih kesat.

  1. Menghilangkan bau

Bau tidak sedap pada area kewanitaan tentu mengganggu keharmonisan hubungan seks anda dan pasangan anda. Kondisi ini dapat anda atasi dengan menggunakan air rebusan daun sirih.

  1. Mengatasi keputihan

Menurut dokter Irmanida Batubara SSi MSi menyatakan bahwa air rebusan daun sirih dapat mengatasi keputihan.

  1. Menghilangkan gatal

Rasa gatal pada vagina disebabkan oleh pertumbuhan bakteri atau jamus. Daun sirih dapat dijadikan salah satu cara untuk mengatasinya.

  1. Mengatasi lendir yang berlebih

Produksi lendir yang berlebihan pada vagina tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa risih saat berhubungan. Hal ini dapat anda atasi dengan menggunakan air rebusan daun sirih. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here