Manfaat Jalan Kaki Menjelang Persalinan

SehatFresh.com – Berolahraga pada saat hamil dapat menjaga kebugaran tubuh ibu hamil dan membantu perkembangan janin di dalam kandungan. Jenis olahraga bagi ibu hamil bisa disesuaikan dengan usia kehamilan. Ibu bisa mengikuti kelas olahraga khusus ibu hamil seperti senam hamil atau yoga. Selain itu, ibu hamil juga bisa melakukan olahraga sendiri di lingkungan rumah, salah satunya jalan kaki.

Jalan kaki merupakan aktifitas ringan yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Jalan kaki menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan, diantaranya untuk melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru bahkan menurunkan risiko kanker tertentu. Di masa kehamilan, jalan kaki sangat bermanfaat bagi ibu hamil menjelang persalinan.

Usia kehamilan yang semakin bertambah akan sangat berpengaruh pada perubahan fisik maupun psikis ibu hamil. Perubahan fisik akibat dari pertumbuhan janin di dalam kandungan terkadang menimbulkan ketidaknyamanan sehingga tidak jarang menimbulkan perasaan stres. Stres akan berpengaruh pada kondisi ibu dan bayi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi perasaan stres ketika menjalani kehamilan yaitu dengan berolahraga. Jenis olahraga ringan seperti berjalan kaki akan memberikan manfaat dan pengaruh pada kesehatan fisik dan psikis ibu.

Berolahraga secara teratur akan memicu hormon endorphin untuk memberikan ketenangan mental. Selain itu, melakukan kegiatan rutin berjalan kaki akan menghilangkan ketegangan otot dan rasa pegal akibat kehamilan. Bagi ibu hamil, sebaiknya lakukan jalan kaki secara rutin setiap pagi karena udara pagi masih segar. Menghirup udara segar di pagi hari juga dapat mengurangi tingkat stres dan ketegangan yang ibu rasakan. Dengan begitu, ibu menjadi semakin rileks dan tenang dalam menghadapi berbagai persoalan, termasuk persiapan persalinan untuk si buah hati.

Jalan kaki juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh selama hamil. Jalan kaki bisa meminimalisir keluhan yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil dan manfaat yang paling penting adalah untuk memudahkan proses mengejan sehingga akan memperlancar proses persalinan. Bila ibu mendambakan proses kelahiran normal, jalan kaki dapat melatih otot-otot rahim agar semakin kuat. Anda dapat melakukan jalan pagi selama sekitar 30 menit dan ini dilakukan secara rutin pada usia kandungan mulai menginjak usia tujuh bulan. Rutin berjalan kaki setiap pagi akan sangat berguna dalam menguatkan otot-otot yang dibutuhkan untuk proses persalinan. Kondisi otot-otot rahmi yang kuat dan sehat akan membantu ibu dalam memperlancar persalinan.

Kebiasaan sehat berolahraga dengan jalan kaki setiap pagi juga dapat menjaga berat badan yang ideal selama kehamilan. Jalan kaki merupakan olahraga ringan yang tidak berbahaya bagi janin. Rutin berjalan kaki dapat meminimalisir timbunan lemak di dalam tubuh sehingga berat badan tetap pada tingkat yang ideal. Selain itu, jalan kaki juga bisa menghindarkan ibu dari resiko kehamilan yang bermasalah karena penyakit yang ibu derita, misalnya diabetes.

Ketika kehamilan memasuki periode akhir, sebagian besar ibu hamil cenderung bergerak ataupun berolahraga karena kondisi kandungan yang sudah membesar. Selain itu, ibu juga biasanya merasa khawatir dengan kondisi kehamilannya apabila terlalu banyak bergerak. Maka dari itu, penting sekali bagi ibu hamil untuk memperbanyak informasi tentang bagaimana cara menjaga kesehatan selama hamil dengan olahraga dan olahraga apa saja yang aman bagi ibu hamil.

Sumber gambar : informasitips.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY