Manfaat Kesehatan dari Angkak atau Beras Merah dari Cina

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Angkak merupakan salah satu jenis beras merah yang berasal dari China, yang menjalani proses fermentasi dengan menggunakan ragi khusus barsama jamur Monascus purureus. Meskipun berwrna merah, namun pada awalnya agkak merupakan jenis beras putih. Angkak di gunakan oleh masyarakat China sebagai bahan pengawet makanan, pewarna makanan, campuran rempah masakan dan juga bahan dalam anggur beras.

Angkak juga memiliki kandungan yang berguna bagi kesehatan tubuh yaitu sebagai obat tradisional. Angkak juga mengandung serat, karbohidrat dan protein. Untuk lebih jelasnya manfaat kesehatan dari angkak, beras merah dari china di antaranya sebagai berikut :

  1. Menyembuhkan Penyakit Demam Berdarah

Manfaat angkak yang paling utama adalah untuk mengobati penyakit demam berdarah dan sudah sangat terkenal di penjuru dunia. Demam berdarah merupakan suatu kondisi demam, dimana kandungan trombosit dari penderita mengalami penrunan secara drastis. Kondisi ini akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan akibat yang fatal, salah satunya adalah kematian.

Untuk meningkatkan jumlah trombosit didalam tubuh maka dapat memanfaatkan angkak. Angkak memiliki kandungan yang mampu untuk meningkatkan jumlah trombosit di dalam tubuh penderita demam berdarah yaitu dengan cara rendam segenggam angkak dalam satu gelas air matang, diamkan selama beberapa jam hingga airnya menjadi merah pekat dan minum air rendaman angkak tersebut.

  1. Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi medis yang cukup menggangu dan membawa banyak efek buruk. Unuk menurunkan darah tinggi maka di sarankan mengkonsumsi angkak, karena angkak memiliki kandungan yang dapat menurunkan darah tinggi sehingga gejala hipertensi dapat berkurang. Minumlah air rendaman angkak secara teratur setiap harinya.

  1. Menurunkan Kolestrol

Angkak memiliki manfaat yang baik untik menurunkan kadar kolestrol pada tubuh. Angkak mengandung sejumlah senyawa yang mirip dengan bahan aktid dalam pembuatan obat kolestrol yang di sebut statin. Dengan manfaat ini maka kadar kolestrol yang ada didalam tubuh akan terjaga dan menghindari resiko naiknya kolestrol di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Angkak mampu menurunkan kadar lipid darah yang negatif dan meningkatkan kadar lipid darah yang baik. Manfaat angkak untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung semakin bagus karena kandungan lovastatin yang ada didalam angkak. Zat lovastatin sangat baik untuk menurunkan resiko dan mengatasi serangan jantung.

Selain itu, angkak juga meningkatkan kelenturan pembuluh darah sehingga berdampak positif pada tekanan darah dan sistem kardiovaskuler. Angkak pun mampu mencegah pembuluh darah menjadi kaku

  1. Mengendalikan kadar gula darah

Angkak bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah agar selalu dalam batas normal. Manfaat ini bisa mencegah terjadinya sindrom metabolik karena kadar lipid darah, kadar gula darah dan tekanan darah selalu bisa terkendali dengan baik dan batas normal dan hal ini bisa menghindari dari berbagai penyakit komplikasi. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here