Manfaat Positif Jika Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Karbohidrat adalah salah satu nutrisi yang baik untuk manusia di antaranya seperti nasi, roti putih atau mie merupakan sumber energi bagi tubuh anda. Tetapi perlu anda tahu asupan karbohidrat yang berlebihan dapat berubah menjadi negatif pada kesehatan anda. Perlu anda ketahui karbohidrat memang kita perlukan tetapi kita harus membatasi asupannya, menurut para pakar menetapkan bahkan mengkonsumsi karbohidrat yang dianjurkan adalah sekitar 45-65% enegi total perhari, itupun sudah termasuk nasi atau makanan pokok lainnya.

Sebagian orang yang sudah merasa ingin diet karbohidrat hanya untuk menurunkan berat badan mereka, pada hal ada banyak manfaat positif yang kita dapatkan dari karbohidrat sederhana seperti Nasi, roti, kue tart dan makanan yang lainnya.

Banyak orang yang menginginkan diet karbohidrat dan mereka beragapan karbohidrat membuat mereka mempunyai badan gemuk dan menganggap karbohidrat itu jahat, misalnya dalam gula, roti putih, pasta, biskuit dan sereal. Yang mengandung indeks glikemik yang tinggi artinya makanan tersebut menyebabkan peningkatan gula darah secara mendadak dan tajam. Jika tidak digunakan gula darah tersebut maka akan disimpan sebagai lemak.

Sebenarnya dalam kondisi yang normal tubuh anda akan membakar karbohidrat untuk dijadikan bahan bakar atau energi. Jika asupan karbohidrat yang anda konsumsi di kurangi secara drastis dengan melakukan diet karbohidrat tubuh anda akan mulai memasuki proses kitosis yaitu membakar lemak untuk mendapatkan bahan bakar. Ketika lemak dalam tubuh anda di bakar maka akan menjadi sumber energi utama, berat badan pun kemungkinan akan berkurang dengan sendirinya.

Selain digunakan untuk pembekaran lemak karbohidrat juga mempunyai sisi positif  yang perlu anda ketahui yang bisa kita raih jika kita menghindari karbohidrat sederhana seperti nasi, kue tart dan panganan manis lainnya seperti :

  1. Membuat anda tidak mudah lapar

Bukan saja kalori yang dapat membuat anda merasa kenyang, tetapi nutrisi seperti serat, protein, lemak sehat. Bila anda mengkonsumsi karbohidrat sederhana maka sebanyak apapun anda makan tubuh pasti akan mencari makanan yang mengandung nutrisi.

  1. Perut akan lebih capat rata

Slah satu hal yang menonjol setalah anda menggantikan karbohidrat sederhana adalah perut anda akan cepat merata, kekurangan serat menyebabkan kaloni bakteri tidak sehat dan di usus lebih banyak menyebabkan kembung dan lebih besat dari yang sebenarnya.

  1. Menekan resiko penyakit

Karbohidrat sederhana terdiri dari gula. Dan memiliki kelebihan konsumsi bahan pangan yang membuat hormon insulin yang ada didalam tubuh di hasilkan oleh pankreas lebih banyak. Dan lambat laun akan memicu resistensi insulin yang akan menyebabkan penyekit diabetes.

  1. Otot anda semakin kuat

Bagi anda yang ingin membangun otot anda dapat mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, karena bahan pangan karbohidrat pada umumnya tidak mengandung protein yang mempengaruhi pembentuk otot.

  1. Badan anda akan lebih berenergi

Memang tidak semua karbohidrat buruk, akan tetapi jika anda memilih karbohidrat menjadi yang kompleks makan energi pada tubuh anda akan semakin lebih stabil sehingga anda tidak cepat untuk merasa lelah dan mengantuk. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here