Waktu yang Tepat Bagi Ibu Hamil untuk Naik Pesawat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seseorang yang sedang hamil merupakan faktor risiko karena ia sedang mengandung anaknya yang sangat berbahaya ketika melakukan kegiatan apapun, termasuk bepergian jauh dengan menggunakan pesawat. Bagi seseorang yang memang sudah merencanakan untuk berlibur atau dalam tugas kantor yang mengharuskan anda menggunakan pesawat, sebenarnya hal yang ibu hamil sangat rentan resikonya. Akan tetapi bagi anda yang memang mempunyai kepentingan yang sangat tidak dapat ditunda sebenarnya boleh saja akan tetapi anda perlu mengetahui hal-hal yang perlu anda tahu dan anda perhatikan. Dalam kehamilan sering kali menimbulkan beberapa keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil tersebut.

Menurut American Collage Of obstetrician anda Gynecolagist (ACOG) yaitu sebuah organisasi kebidanan dan juga kandungan Amerika serikat juga mengatakan bahwa perjalanan menggunkan pesawat bagi ibu yang sedang hamil dapat di kategorikan aman akan tetapi perjalanan yang dilakukan tidak sesering pada kehamilannya, untuk mempertimbangkan lagi menilai usia kehamilannya tersebut yaitu di bawah 36 minggu dan juga ibu hamil tersebut tidak memiliki sebuah komplikasi dalam kehamilannya.

Selanjutnya kebijakan oleh International Air Trasports Association (AITA) yaitu tentang suatu organisasi perdagangan internasional meliputi maskapai penerbangan dunia menyatakan bahwa ibu yang sedang hamil diperbolehkan menggunakan pesawat dalam perjalanannya selama kehamilannya normal dan tidak memiliki komplikasi dalam kesehatannya dan kehamilan sebelumnya jika memang itu anak ke dua. Dan memiliki persyaratan waktu terbang minimal tidak melebihi 4 jam.

Dan untuk kehamilan yang menginjak trimester pertama beberapa ibu hamil kerap mengalami mual dan muntah mudah lelah, pastikan hal tersebut tidak mengganggu perjalanan anda. Pada awal kehamilan resiko yang dialami lebih sebar sekisar umur 3 bulan masih rentan mengalamu keguguran.

Dari pihak maskapai memang mempertimbangkan dan mempunyai kebijakan sendiri tetapi semua itu harus dengan keterangan dari petugas kesehatan bidan atau dokter sebagai data penunjang riwayat kehamilan ibu tersebut. Dan perlu memberikan surat keterangan dari bidan atau dokter kandungan. Meskipun beberapa maskai di indonesia memiliki kebijakanyang berbeda dalam usia kehamilan yang memperbolehkan menggunakan perjalanan pesawat bagi ibu hamil. Meskipun demikian semua maskai memiliki persyaratan yang sama dimana ibu hamil perlu untuk mengisi formulir khusus ibu hamil sebelum melakukan perjalanan.

Bagaimana kah tips untuk ibuhamil yang ingin menggukan pesawat sebagai trasportasinya, di bawah ini adalah tips yang dapat dipertimbangkan bagi ibu hamil yang ingin melakukan perjalanannya :

  1. Dapat memesan tempat duduk di sebuah lorong, salah satunya untuk memudahkan anda ketika mengalami keluhan seperti mual sampai muntah dan kemungkinan memudahkan anda jika ingin buang air kecil.
  2. Anda dapat menggunakan stocking, saran dari beberapa bidan atau dokter kepada ibu hamil untuk menggunakan stocing untuk mencegah pembekuan darah.
  3. Anda dapat menghindari duduk yang terlalu lama, boleh sesekali anda dapat berjalan di lorong untuk sekedar pergi ke toilet.
  4. Anda perlu menyiapkan air mineral untuk memastikan anda tidak mengalami dehidrasi saat perjalanan

Bagi kehamilan yang sudah mengalami resiko sebaiknya di pertimbangkan lagi untuk memilih trasportasi ini karena untuk kebaikan anda dan janin anda, semoga brmanfaat. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here