Manfaat Sahur di Akhir Waktu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahur merupakan rutinitas yang wajib dilakukan oleh umat muslim saat menjalankan puasa di bulan ramadhan. Dengan sahur Allah SWT mempermudah hambanya agar tetap kuat menjalani puasa selama seharian dengan energi cadangan yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi saat sahur.

Sahur biasanya sudah boleh dilakukan tengah malam sampai sebelum subuh atau sebelum datangnya waktu imsak, cukup lama untuk anda melakukan makan sahur. Karena cukup lama maka kapan waktu yang baik untuk melakukan makan sahur?

Kita sering mendengar orang mengatakan waktu yang paling baik untuk sahur adalah di akhir waktu dan ternyata sama halnya dengan Rasulullah SAW yang juga menganjurkan umatnya untuk mengakhirkan waktu sahurnya. Tidak hanya sekedar anjuran, namun memang jika dilihat makan sahur di akhir waktu memiliki manfaat bagi anda nantinya saat menjalankan puasa di siang hari. Maksud dari waktu akhir adalah sahur di waktu mendekati waktu imsak.

Makan sahur di akhir waktu juga dianggap baik oleh Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi Masyarakat Institut pertanian Bogor. Dengan makan sahur di akhir waktu, energi yang anda dapatkan dari makanan shur tersebut akan bertahan dalam waktu yang lama. Lapar dan hauspun terasa hanya sebentar. Oleh karena itu dianjurkan agar makan makanan yang bisa bertahan lama dan tidak terlalu cepat dicerna.

Agar tubuh anda tetap sehat, makanan yang anda konsumsi saat sahur juga harus seimbang yaitu ada sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Dari komponen makanan seimbang tersebut yang paling lambat dicerna adalah makanan dari sumber protein dan lemak yaitu sekitar 4 sampai 6 jam.

Contoh makanan yang bisa anda konsumsi saat sahur dan membuat cadangan energi bertahan lama yaitu nasi, jagung, sorgum, talas, ubi, kentang, pisang tanduk dan sukun disertai lauk pauk contohnya dari protein hewani yaitu ikan, ayam, daging, telur atau protein yang cukup mudah didapatkan yaitu tahu dan tempe. Untuk sumber serat dan vitamin anda bisa mengonsumsi buah dan sayur sebagai tambahannya. Minum juga dibutuhkan agar anda tidak merasakan dehidrasi berlebihan.

Minumlah air putih saat sahur kurang lebih 2 gelas sampai 3 gelas. Sudah tahu tentang manfaat sahur di akhir waktu, jadi mulai sekarang anda bisa berlatih atau melakukan sahur di akhir waktu sehingga lebih banyak energi yang tersimpan di siang hari untuk membantu anda lancar dalam beraktivitas. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here