Manfaat Tidur Siang untuk Kecerdasan Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Orangtua sebaiknya jangan melarang kebiasaan anak yang senang tidur di siang hari. Pasalnya menurut hasil penelitian ilmiah terdapat banyak manfaat tidur siang bagi anak, diantaranya dapat membantu perkembangan kecerdasan otak.

Kajian ilmiah mengenai manfaat tidur siang bagi anak pernah dilakukan Rebecca Spencer dari University of Massachusets, seperti yang dilansir Live Science belum lama ini. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa tidur siang memiliki manfaat untuk anak yang belum menjalani aktivitas sekolah.

Tidur siang rupanya dapat membantu anak dalam mengingat tentang pengalaman-pengalaman yang sudah dipelajari saat berada di tempat bermain. Penelitian ini juga membuktikan bahwa tidur siang dapat membantu perkembangan kinerja otak anak, khususnya dalam hal menjaga daya ingat.

Penelitian lain terkait manfaat tidur siang bagi anak juga pernah dilakukan di University of Arizona. Hasil penelitian itu membuktikan bahwa anak balita yang cukup tidur memiliki kemampuan lebih baik dalam hal memproses informasi sekaligus mempraktikan pengalamannya.

Ketika anak cukup tidur, maka tubuh akan menjadi lebih fit. Tubuh yang fit akan berpengaruh positif pada kemampuan anak dalam memproses informasi secara optimal. Hal inilah yang menyebabkan aktivitas tidur siang sangat bermanfaat dalam proses perkembangan kecerdasan anak.

Hasil penelitian lain juga membuktikan bahwa tidur siang mampu merangsang pertumbuhan anak. Kajian ilmiah ini dilakukan oleh Medical School Harvard University. Dalam laporan penelitiannya dijelaskan bahwa anak balita yang cukup tidur, kecenderungannya mempunyai pertumbuhan yang lebih optimal dibandingkan dengan anak yang kurang tidur.

Hasil-hasil penelitian di atas bisa menjadi sumber rujukan bagi orangtua bahwa tidur siang memiliki manfaat yang cukup baik bagi kecerdasan dan pertumbuhan anak. Di satu sisi hal itulah yang terkadang menjadi alasan bagi orangtua, untuk memaksa buah hatinya agar mau tidur di siang hari.

Tidak dipungkiri jika menyuruh anak untuk tidur di siang hari, bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan berbagai strategi untuk membuat anak tertarik tidur siang. Guna memancing keinginan anak untuk mau tidur siang, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua.

  1. Orangtua bisa membuat suasana kamar anak menjadi lebih nyaman. Misalnya dengan mengatur fertilasi udara yang masuk, sehingga ruangan menjadi lebih sejuk.
  2. Orangtua bisa membebaskan kamar anak dari barang-barang elektronik yang bisa mengganggu waktu tidur. Misalnya saja radio atau televisi, sehingga anak bisa fokus untuk tidur.
  3. Orangtua bisa melarang anak bermain gadget, satu jam sebelum tidur. Tujuannya agar anak benar-benar bisa berkonsentrasi untuk beristirahat.
  4. Orangtua bisa memberikan informasi mengenai manfaat tidur siang kepada anak. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran anak betapa pentingnya tidur di siang hari.
  5. Orangtua bisa memberikan makanan kepada anak yang mengandung serotonin, karena terbukti dapat merangsang keinginan untuk tidur. Contoh makanan tersebut seperti pisang, yogurt, atau susu. (AP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here