Materi yang Harus Diajarkan Dalam Pendidikan Seks Terhadap Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pendidikan seks adalah pendidikan yang penting untuk di berikan kepada anak. Pendidikan seks di indonesia sendiri masih menjadi hal yang tabu untuk di berikan kepada anak. Hal ini disebabkan pola stigma dari masyarakat yang masih menganggap bahwa pendidikan seks adalah pendidikan yang berisi tentang hubungan antara orang dewasa. Padahal pendidikan seks tidak semuanya mengacu kepada hubungan saja. Akan tetapi banyak sisi hal yang sekiranya menjadi penting untuk di sampaikan.

Termasuk memberikan pendidikan seks kepada anak di tahap awal. Lantas, pendidikan seks bagaimanakah yang dapat diterapkan kepada anak? materi apa sajakah, yang penting untuk disampaikan pada anak?

Berikut ini adalah beberapa materi yang dapat diberikan kepada anak dalam memberikan mereka pendidikan seks.

Pengenalan Bentuk Tubuh

Materi yang paling sederhana untuk di berikan kepada ankan tentang pendidikan seks adalah pengenalan bentuk tubuh dan fungsinya. Sebelum menerapkannya, penting untuk orang tua mengenalkan bentuk tubuh sesuai dengan yang dimilikiknya. Anda bisa mulai memahamkan anak misalnya seperti mengapa anak laki memiliki rambut pendek sedangkan perempuan memiliki rambut panjang. Anak laki-laki memiliki penis sedangkan wanita tidak.

Dalam tataran ini berikan ia pula pemahaman bagaimana ia harus menjaga kebersihan, memberikan pengertian tersebut dapat dilakukan dengan cara-cara yang baik dan penuh empati. Jangan sekali-kali menertawakan anak, saat ada pertanyaan-pertanyaan yang diluar dugaan.

Mengenalkan fungsi-fungsi apa saja dari bagian tubuh tersebut, dan menjelaskan perubahan-perubahan bentuk tubuh yang terjadi pada anak. Perubahan tersebut misalnya, menjelaskan jika pada sampai umur masa akhil balig maka anda sebagai orang tua bisa membuka diskusi dan menjelaskan saat ia bertanya tentang perubahan pada tubuhnya. Ia akan mengalami mimpi basah untuk pria dan menstruasi untuk wanita. Hingga area-area tubuh yang mengalami perubahan misalnya saja tumbuhnya rambut/bulu halus di beberapa wilayah tertentu, suara yang agak berat untuk laki-laki, hingga tumbuhnya payudara bagi wanita.

Menjaga Diri

Menjaga diri adalah bentuk dari materi yang tak kalah penting dengan pengenalan bentuk tubuh. Memberikan materi menjaga diri ini adalah, memberikan pengarahan atau simulasi bagaimana mereka menghadapi orang lain. Seperti halnya bagian-bagian tubuh mana saja yang boleh dan tidak boleh disentuh oleh orang lain. Serta bagaimana cara menyikapi orang yang menyentuh bagian terlarang pada tubuh mereka yang seharusnya tidak boleh di sentuh.

Beri mereka pengarahan untuk menolak, ataupun berlari, berteriak saat ada oknum yang hendak melecehkan atau bertindak tidak senonoh pada mereka.

Fungsi Sosial

Fungsi sosial yang dimaksud adalah fungsi penempatan secara kodrati bagi pria dan wanita. Fungsi sosial adalah fungsi yang secara normal ada di sekitar tempat tinggalnya. Ajarkan ia untuk menghormati rekannya sesama ataupun berbeda jenis dengannya. Karena dengan menghormati, maka pendidikan seksual akan semakin lengkap.

Itulah beberapa materi yang dapat di berikan kepada anak untuk memberikannya pendidikan seksual dengan tepat. Semoga berhasil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here