Cara Memilih Bra yang Tepat untuk Menyusui

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di masa menyusui, tak sedikit wanita yang masih tetap mengenakan bra biasa. Pemakaian bra di saat kehamilan maupun menyusui memang pilihan pribadi. Namun, bra biasa mungkin tidak dapat menyangga payudara sebaik bra yang dirancang khusus untuk ibu menyusui mengingat bentuk payudara yang berubah. Meski mudah ditemukan di pasaran, memilih bra menyusui juga tak sembarangan. Pemilihan bra menyusui yang tidak tepat dapat mengganggu kelancaran dan kenyamanan menyusui itu sendiri. Lantas, bagaimana cara memilih bra yang tepat untuk menyusui?

Berbahan katun

Di masa menyusui, puting payudara cenderung sensitif dan temperatur tubuh juga lebih tinggi. Untuk itu, pilihlah bra berbahan 100 persen katun agar payudara lebih leluasa bernapas. Pasalnya, sirkulasi udara pada payudara yang terganggu membuat payudara lebih lembab sehingga mendorong pertumbuhan bakteri lebih cepat.

Hindari bra berkawat

Karena takut bentuk payudara tak lagi indah, tak sedikit wanita memakai bra berkawat walau sedang dalam masa menyusui. Ukuran payudara dapat membesar dan mengecil di masa menyusui sejalan dengan proses produksi dan pengeluaran ASI. Meski perubahan ukuran hanya sedikit, bra berkawat dapat menekan payudara ketika ukurannya membesar penuh ASI di dalamnya. Hal ini meningkatkan risiko penyumbatan pada saluran ASI karena produksi aliran ASI terletak pada payudara hingga tulang rusuk bagian belakang.

Ukuran pas

Pastikan ukuran bra menyusui yang dibeli sesuai dengan ukuran payudara Anda. Pasalnya, bra ketat akan kurang nyaman dipakai, dan bahkan dapat memengaruhi aliran ASI. Sedangkan bra yang longgar tidak dapat menyangga payudara dengan baik. Pilihlah bra menyusui dengan ukuran satu nomor lebih besar dari ukuran bra saat hamil. Selain itu, pilihlah bra menyusui dengan cup yang mampu menutup seluruh payudara dan memiliki banyak pengait di belakang agar kenyamanan saat memakai bra lebih mudah disesuaikan dengan kondisi payudara.

Memiliki cup yang mudah dibuka-tutup

Bra menyusui pada umumnya dirancang dengan bagian cup yang bisa dibuka dan ditutup.  Pada bagian celah tersebut biasanya dilengkapi kancing atau pengait. Ketika membeli bra menyusui, pilihlah bra dengan bukaan depan yang kacing atau pengaitnya mudah dibuka walau dengan satu tangan. Dengan begitu, Anda tidak akan kerepotan lagi ketika akan menyusui si kecil, terutama ketika di tempat umum.

Menyusui tak hanya menjadi kebutuhan bayi, tapi juga memberikan banyak manfaat bagi ibu. Karena itu, menyusui harus didukung agar prosesnya berjalan lancar. Salah satu pendukung kelancaran menyusui ini adalah penggunaan bra yang tepat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY