Memperbaiki Pola Hidup Mencegah Sembelit Saat Hamil

SehatFresh.com – Sulit buang air besar atau sembelit merupakan keluhan yang seringkali dialami ibu hamil. Sejatinya, ibu hamil menjadi lebih rentan mengalami keluhan tersebut terkait perubahan hormonal, yaitu peningkatan hormon progesterone selama kehamilan. Salah satu fungsi hormon progesteron ini ialah memperkuat otot dinding rahim agar mampu menahan janin yang sedang tumbuh dan berkembang. Secara bersamaan, cara kerja hormon ini juga mengakibatkan kelambatan gerak peristaltik otot-otot saluran pencernaan, sehingga proses buang air besar menjadi terganggu.

Sembelit ditandai dengan gejala:

  • Kesulitan untuk buang air besar yang berlangsung lebih dari empat hari.
  • Fases menjadi keras.
  • Merasa tidak tuntas ketika buang air besar.
  • Sulit untuk mengeluarkan feses, terkadang rektum mengeluarkan darah.
  • Rasa sakit atau tidak nyaman pada perut bagian bawah, terasa penuh dan mulas.

Jika tidak ditemukan adanya gejala penyakit lain, seperti pendarahan, sembelit ini tidak membahayakan. Namun, tentunya ini membuat tidak nyaman. Agar ibu hamil tidak sering diganggu sembelit, pencegahannya bisa dilakukan dengan cara:

  • Konsumsi serat setiap hari.

Diet sehat dan seimbang merupakan penunjang penting untuk kehamilan yang sehat. Pastikan dalam diet harian Anda terdapat makanan sumber serat terutama sayuran dan buah-buahan.

  • Banyak minum air putih.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh, akan tercerna dengan baik dan bila asupan cairan tercukupi. Ibu hamil harus minum air putih setidaknya delapan gelas setiap hari. Kecukupan cairan membantu melunakkan tinja, sehingga akan lebih mudah dikeluarkan. Selain air putih, cairan juga bisa diperoleh dari jus buah alami.

  • Olahraga teratur

Selain tubuh menjadi segar dan sehat, olahraga juga dapat mencegah dan meredakan sembelit. Olahraga ringan seperti jalan kaki 20-30 menit setiap hari, dapat membantu meningkatkan gerak peristaltik usus yang mendorong kelancaran pencernaan.

  • Jangan menunda keinginan buang air besar

Kebiasaan sering menahan keinginan untuk buang air besar (BAB) seringkali menjadi pemicu sembelit pada banyak orang. Menahan BAB justru akan menyebabkan penumpukan feses dalam usus dan membuatnya mengeras. Karena itu, segera ke toilet saat Anda ingin BAB

Bila perubahan pola hidup dan pola makan tidak menunjukkan hasil yang diharapkan, tidak disarankan mengonsumsi sembarang obat pencahar. Sembelit yang dibiarkan bisa menjadi semakin parah, yang akhirnya menyebabkan wasir, tapi mengkonsumsi sembarang obat pencehar bisa memengaruhi kesehatan janin dalam kandungan. Lebih baik konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Sumber gambar : www.celiuz.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY