Menangani Kegemukan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ghrelin atau hormon penyebab kegemukan adalah hormon yang diproduksi dalam susu. Normalnya hormon ini akan muncul menjelang waktu makan dan menstimulasi nafsu makan Anda, sehingga makin kuat rangsangannya maka akan semakin lapar. Mengasup protein bisa menekan produksi ghrelin. Para peneliti di University of Washington, Seattle, AS, memberikan kepada tiga partisipan mereka milkshake dengan jumlah kalori yang sama selama tiga minggu.

Kelebihan berat badan atau kegemukan seakan tidak pernah habis ceritanya. Bagi orang yang memiliki masalah dengan kegemukan akan mengalami kesulitan seperti memilih pakaian yang pas, kurang percaya diri hingga munculnya penyakit. Kegemukan lebih memiliki pengaruh pada wanita. Mereka yang gemuk merasa sulit untuk mempercantik penampilan sehingga selalu diliputi rasa tidak percaya diri. Kebanyakan wanita yang memiliki masalah dengan kegemukan akan cenderung emosional dan mudah sekali tersinggung apalagi ketika di singgung mengenai penampilan mereka.

Kegemukan memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Banyak penyakit mengintai orang yang memiliki berat badan berlebih. Penyakit yang rentan menyerang diantaranya adalah diabetes, darah tinggi, jantung, kanker, hingga masalah siklus bulanan atau menstruasi. Penyebab terjadinya kegemukan berbagai macam, terkadang kebiasaan yang dilakukan juga bisa menjadi pemicu kegemukan. Untuk mengenal lebih jauh mengenai penyebab dari kegemukan,  berikut ini sejumlah daftar penyebab kegemukan yang bisa dilihat agar nanti bisa menemukan cara mudah mengatasi kegemukan nantinya.

  • Olah raga. Kegemukan bisa diatasi dengan olahraga rutin. Salah satu olah raga yang bisa dilakukan dengan mudah dan juga murah adalah dengan melakukan jogging setiap hari 15 menit. Selain bisa mengurangi berat badan akibat kegemukan, jogging juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar setiap harinya.
  • Konsumsi serat. Cara mudah mengatasi kegemukan adalah dengan mengonsumsi makanan berserat setiap hari karena akan membuat rasa kenyang lebih lama sehingga secara tidak langsung akan mengurangi nafsu makan dan lebih terkontrol. Selain itu, makanan berserat mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh juga memiliki kalori yang rendah, sehingga sangat cocok untuk pilihan makanan dalam program menurunkan berat badan.
  • Konsumsi protein. Makanan dengan kandungan protein yang tinggi akan membuat rasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan bisa dikurangi dan kegemukan bisa dikurangi dengan mengurangi porsi makanan berkalori tinggi.
  • Mengurangi ngemil di malam hari. Kebiasaan ngemil dimalam hari sebelum tidur memang tidak baik karena berpengaruh pada bertambahnya berat badan. Oleh sebab itu, mengurangi ngemil di malam hari dapat mengurangi berat badan dan risiko kegemukan. Jika ingin ngemil, pilihlah makanan yang rendah kalori dan lemak seperti buah-buahan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY