Mengenal Toxic Friend atau Teman Beracun

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Manusia merupakan bagian dari kehidupan yang bersifat sosial. Oleh karena itu setiap manusia pasti akan menjalin sebuah hubungan, entah itu hubungan persahabatan, keluarga atau sebagai pasangan hidup. Tentunya manusia akan dihadapkan pada berbagai hubungan pertemanan.

Tentu saja seorang manusia tidak akan bisa hidup tanpa adanya teman dan sahabat. Namun, dewasa ini sudah semakin susah membedakan antara mana teman yang sebenarnya dan mana teman yang hanya sok baik atau bahkan menjadi racun atau toxic dalam khidupan kita.

Nah, seberapa penting menurut anda memiliki relasi pertemanan yang sehat dan menguntungkan? Bukan hanya bermaksud untuk berteman demi mendapat keuntungan saja atau berteman karena ada maunya saja. Tetapi memiliki teman yang mampu memberikan dampak positif dalam kehidupan akan lebih bermanfaat dari pada hanya memberikan kesan yang dapat membuat efek negatif pada kehidupan kita.

Namun, banyak orang yang bahkan tidak menyadari kalau orang yang mereka anggap sebagai sahabat atau teman sebenarnya adalah toxic friend atau teman beracun. Nah, apa itu toxic friend? Jadi, toxic friend  atau disebut dengan teman beracun yang bisa merugikan dan memperkeruh suasana pertemanan dengan perilaku diam-diam membully dan seringnya membuat kita kecewa. Toxic friend adalah jenis pribadi yang suka menyusahkan dan merugikan orang lan, baik secara fisik maupun emosional.

Ciri-ciri teman toksik ini biasanya sekilas terlihat manis dan ideal tapi seringnya justru membuat kamu kecewa atau stress. Dengan berawal dari penampilan diri yang tidak terlihat berbahaya atau mengajak untuk melakukan hal yang negatif. Tetapi pertemanan tersebut malah menguras banyak energi dan membuat ‘makan hati’ sehingga tidak merasa bahagia dan terhibur.

Oleh karena itu, anda harus bisa membedakan mana yang teman beneran dan mana teman yang hanya merugikan. Namun, sebelumnya kita harus mengenal pribadi seseorang tersebut lebih jauh baru dapat menyimpulkan bahwa mereka baik atau tidak, jadi bukan hanya dengan menilai secara dini saja. Karena dalam menjalani hidup, kita pastinya membutuhkan teman curhat atau mengobrol berbagai hal yang mungkin dianggap privasi juga. Anda harus mengetahui mana teman beneran dan mana yang merugikan dengan ciri-ciri berikut :

  1. Dari panggilan saja sudah berbeda. Teman biasanya memanggil dengan sebutan yang lebih sopan. Sementara yang bestfriend akan memanggil dengan sebutan yang aneh-aneh.
  2. The blamer-Tukang menyalahkan orang lain dan maunya menang sendiri atau hanya akan menyalahkan dan mencari pembenaran diri terhadap kesalah yang dilakukan, sementara bestfriend biasanya akan lebih menyadari jika dirinya yang salah.
  3. Teman yang merugikan biasanya akan selalu komplain, sedikit-sedikit mengeluh dan protes. Semua yang telah kita lakukan dengan tulus akan dia anggap tidak pas atau bahkan salah di matanya.
  4. Teman yang merugikan akan menjadi pribadi yang suka mendominasi dalam segala hal jadi hanya dia yang boleh dianggap penting dan anda hanya dianggap sebagi pendengar setia yang selalu menyetujui apapun perkataannya. Jadi semua yang dia minta terkesan harus selalu untuk dituruti tanpa adanya diskusi atau perbincangan.
  5. Teman yang merugikan akan sangat merasa senang jika mempermalukan orang lain. Dengan alasan bercanda namun dengan kesan yang merendahkan dan melecehkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here