Tips Menjalin Kedekatan Hubungan Keluarga dengan Mengajak Anak Bermain

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pekerjaan bagi orangtua merupakan suatu hal yang wajib dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan keluarganya, khususnya bagi seorang ayah karena tidak ada kewajiban bagi seorang ibu untuk bekerja dan mencari uang. Akan tetapi apabila kondisi mengharuskan anda untuk menjadi orangtua karir yang memiliki waktu sedikit bersama anak tidak perlu khawatir untuk mengatasi kondisi ini.

Anda dapat memanfaatkan waktu luang dan hari libur untuk mengajak bermain anak. Untuk membangun hubungan keluarga yang berkualitas dengan anak-anak tidak perlu membuat gerakan yang besar. Berikut ini beberapa saran untuk membangun hubungan berkualitas dengan anak diantaranya :

  1. Pandanglah dan tujukan minat kita untuk mendengarkan percakapannya.
  2. Menanyakan permainan apa yang mereka inginkan.
  3. Meluangkan waktu libur untuk bersama mereka.
  4. Mengembangkan keluarga sebagai sebuah tim.

Berikut beberapa kegiatan seru yang bermanfaat untuk meningkatkan kuliatan hubungan keluarga dan anak dengan cara bermain, antara lain :

  1. Memasak bersama

Memasak merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat meningkatkan kualitas hubungan anak bersama keluarga. Mengajak anak memasak tidak hanya mengajarkan anak belajar memasak secara dini tapi secara tidak langsung kegiatan tersebut merupakan suatu hal yang dapat dijadikan permainan yang efektif untuk dilakukan.

  1. Buat pohon keluarga

Membuat pohon keluarga adalah salah satu ide menarik bermain bersama anak untuk mengajarkan si kecil mengenai gambaran struktur keluarga besar anda. Sebagai contoh anda dapat menggunakan foto-foto keluarga anda dan menempelkan pada pola pohon keluarga. Cara lain anda dapat menggambar wajah dari masing-masing anggota keluarga.

  1. Peka dengan lingkungan sekitar

Mengabiskan waktu di tempat kerja tentunya sebuah rutinitas yang dapat membatasi waktu anda bersama anak anda. Pada saat libur dan memiliki waktu luang anda dapat menggunakannya dengan cara bermain di sekitar rumah atau keliling komplek bersama anak dan teman-teman lainnya. Hal ini salah satu kepekaan anda terhadap lingkungan sekitar dan anda dapat menggunakannya untuk bermain dan menjalin kedekatan anda dengan anak.

  1. Traveling

Pada saat waktu libur panjang anda dan anak telah tiba anda dapat menggunakan waktu tersebut untuk mengajak traveling si kecil. Menurut Nadya Pramesrani seorang psikolog keluarga menyatakan bahwa traveling bisa menjadi sebuah solusi untuk meningkatkan kualitas hubungan baik di keluarga, termasuk hubungan orangtua yang sibuk bekerja dengan anaknya. Selain itu setiap orang tua perlu memilih tempat traveling yang akan dikunjungi dan disarankan bertraveling ke tempat yang bernuasa alam dan diluar ruangan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here