Menu Es Buah yang Sehat untuk Dihidangkan Pada Saat Berbuka Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menurut sabda Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa hendaknya berbuka puasa dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis merupakan suatu hal yang sunah. Di negara Arab kurma menjadi salah satu menu pilihan untuk berbuka puasa, karena nabi Muhammad SAW juga berbuka puasa dengan mengkonsumsi buah kurma.

Akan tetapi karena di Indonesia bukanlah negara penghasil kurma sehingga jarang sekali masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi buah kurma sebagai menu makanan untuk berbuka puasa, meskipun telah banyak buah kurma di pasaran. Sebagai pengganti kurma masyarakat Indonesia lebih banyak memilih makanan manis untuk berbuka puasa berupa kolek dan es buah.

Kedua jenis makanan dan minuman tersebut sangat khas disajikan pada saat berbuka puasa. Berbicara mengenai es buah memanglah sangat menggugah selera, perpaduan buah segar dengan sirup, air gula, susu dan tambahan lainnya menjadi salah satu daya tarik jenis minuman tersebut. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat membuat makanan atau minuman yang bersifat manis, berikut ini beberapa hal tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Kadar gula

Glukosa (gula) memang suatu zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengisi energi yang telah hilang selama berpuasa. Akan tetapi pilihlah jenis pemanis dari bahan alami seperti sari buah-buahan. Rasa manis dari buah akan lebih lama dicerna oleh tubuh.

Mengkonsumsi gula tebu, pemanis buatan dan produk lainnya selama puasa akan menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan. Selain itu kebiasaan tersebut dapat beresiko mengalami penyakit diabetes.

  1. Kadar kalori

Dalam 1 mangkok es buah mengandung sekitar 130 kalori. Sedangkan es buah dijadikan sebagai minuman pembuka saat berpuasa setelah itu seseorang akan makan. Sehingga anda harus mengkonsumsi es buah dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Sebaiknya hindari pemakaian gulu atau pemanis buatan yang terlalu tinggi karena glukosa (gula) dapat berperan sebagai lemak yang dapat dijadikan sebagai cadangan makanan. Glukosa atau gula dapat menimbulkan penyakit kronik seperti diabetes.

Bagi anda yang bingung untuk membuat es buah yang sehat dan segar, berikut ini beberapa resep yang dapat anda gunakan diantaranya sebagai berikut:

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  1. Siapkan air sekitar 300 ml.
  2. Gula 75 gram.
  3. 1 buah lemon (peras terlebih dahulu karena hanya airnya saja yang digunakan).
  4. 50 gram Buah semangka.
  5. 50 gram buah apel.
  6. ½ sendok teh daun basil (cincang terlebih dahulu).
  7. Es batu secukupnya.
  8. Anda boleh menambahkan berbagai macam buah-buahan yang anda sukai.

Cara pembuatan :

  1. Masukan air yang telah disediakan dengan gula, kemudian rebus air tersebut hingga mendidih. Setelah mendidih air rebusan tersebut diamkan hingga dingin.
  2. Potonglah buah-buahan yang telah tersedia secara dadu atau sesuai selera.
  3. Masukan buah tersebut ke dalam wadah dan kemudian masukan air rebusan gula.
  4. Tambahkan peresan air lemon dan daun basil untuk menambah rasa yang enak.
  5. Tambahkan es batu.
  6. Terakhir hidangkan es buah tersebut dengan hiasan daun mint. (KMY)

Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here