Obat Alami untuk Mengatasi Radang Amandel

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Amandel merupakan salah satu pertahanan tubuh dari serangan penyakit yang masuk melalui rongga mulut. Namun, apabila kondisi kesehatan seseorang sedang menurun, kuman penyakit bisa menyebab radang amandel.

Amandel adalah dua kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan. Organ ini berfungsi sebagai pencegah infeksi. Selain berfungsi melawan infeksi, amandel juga berfungsi untuk membasmi kuman ketika bernapas atau memasukan makanan atau minuman ke dalam mulut.

Amandel merupakan baris pertahanan terdepan yang melindungi tubuh dari penyakit. Fungsi amandel adalah memproduksi sel darah putih untuk membantu tubuh melawan infeksi. Amandel menghadang dan membunuh bakteri serta virus yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut.

Penyebab radang amandel paling umum adalah virus Epstein-Barr yang juga menyebabkan mononukleosis. Anak-anak yang berinteraksi dengan anak lainnya di sekolah atau tempat bermainnya berisiko terpapar oleh berbagai jenis bakteri serta virus yang membuat mereka sangat rentan terhadap kuman penyebab radang amandel. Beberapa cara untuk mengobati amandel secara alami yang dapat dilakukan yaitu dengan bahan-bahan sebagai berikut :

  1. Jeruk nipis

Mengobati amandel dengan jeruk nipis adalah langkah pertama yang bisa di coba. Jeruk nipis memiliki kandungan zat anti bakteri sehingga sangat cocok dan bagus untuk kesehatan. Jeruk nipis digunakan untuk mengobati amandel.

Caranya: sediakan 2 buah jeruk nipis dan ½ sendok teh kapur sirih. Cara pembuatannya sangat mudah, ambil dua jeruk nipis yang sudah disiapkan lalu peras airnya, tambahkan kapur sirih, kemudian aduk dengan rata. Minum ramuan tradisional tersebut beberapa kali dalam sehari secara teratur, terutama malam sebelum tidur. Jangan berhenti konsumsi ramuan tradisional ini sebelum amandel bengkak dan sembuh.

  1. Mengkudu dan madu

Selain jeruk nipis, ternyata berbagai kandungan gizi, vitamin dan nutrisi yang ada pada mengkudu dan madu ternyata mampu mengobati amandel.

Cara penggunaannya: ambil dua buah mengkudu yang sudah dicuci, lalu parut atau peras dan saring ampasnya, setelah itu tambahkan dengan air panas. Tunggu hingga menjadi hangat, lalu tambahkan madu secukupnya, aduk hingga merata lalu konsumsilah secara rutin 3 kali sehari. Jika diminum secara teratur, cukup efektif meredakan penyakit amandel bengkak.

3. Kulit manggis

Kulit manggis memiliki banyak kandungan yang bisa menyehatkan tubuh dan bisa melawan berbagai penyakit, salah satunya sebagai obat amandel bengkak.

Cara pembuatannya: sediakan kulit manggis kurang lebih 15 gram dan minyak daun mint. Rebus kulit manggis dengan dua botol air dan tunggu sampai tersisa satu botol air. Kemudian teteskan minyak daun mint dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur-kumur selama beberapa hari sampai peradangan amandel membaik

4. Berkumur air garam

Mengobati amandel yang paling mudah dilakukan di rumah adalah dengan menggunakan air garam. Berkumur dengan air garam bisa membantu redakan peradangan dan rasa nyeri di tenggorokan karena amandel membengkak.

Siapkan satu gelas air hangat dan larutkan kira-kira satu sendok teh garam. Kalau rasanya terlalu kuat,  bisa mencampurkan satu sendok makan madu alami. Kumur-kumur larutan garam ini sambil mendongak kurang lebih selama 30 detik. Lalu buang airnya, jangan ditelan, bisa berkumur hingga dua kali sehari atau ketika tenggorokan terasa sakit


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here