Olahraga Rutin Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak sedikit orang yang merasa malas melakukan olahraga pagi dengan alasan masih merasa ngantuk dan ingin melanjutkan tidurnya. Tidur adalah suatu kebutuhan setiap makhluk hidup termasuk manusia, setiap orang membutuhkan istirahat dalam sehari sekitar 7 sampai 8 jam.

Insomnia yaitu suatu istilah yang dikenal sebagai gangguan tidur atau sulit tidur. Setiap orang sering mengalami gangguan tidur tersbut. Menurut seorang penelitian pagi hari merupakan waktu yang baik untuk melakukan olahraga yang berfungsi untuk memperbaiki kualitas tidur agar tidak insomnia dan gampang mengantuk.

Insomnia dan sering mengantuk sejak bangun sampe sepanjang hari salah satu dari dampak kualitas tidur yang buruk. Walaupun sudah tidur dari 8 jam dalam sehari apabila kualitasnya buruk maka akibatnya tubuh akan merasa mengantuk dan merasa lelah. Kuakitas tidur yang buruk yang terjadi dalam jangka panjang akan mengakibatkan gangguan kesehatan seperti diabeters, jantung, obesitas, gangguan depresi hingga kanker. Penyakit tersebut sering dikaitkan dengan pola tidur yang buruk.

Menurut frisch seorang meneliti menjelaskan bahwa olahraga yang dilakukan dengan rutin akan membuat tidur lebih nyenyak. Para peneliti menunjukan bahwa  dengan berolahraga merupakan alternatif untuk memperbaiki kualitas tidur, hal ini tentunya dapat mengurangi resiko gangguan kesehatan lainnya. Melakukan olahraga di pagi hari merupakan suatu yang diyakini paling efektif untuk memperbaiki kualitas tidur. Sebuah penelitian yang diakukan di Appalachian State University menyatakan sebuah pengamatannya yang menunjukan bahwa orang yang sering melakukan olahraga sekitar pukul 7 pagi memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang melakukan aktivitas olah raga disiang dan di malam hari.

Olahraga dipagi hari dapat meningkatkan kualitas tidur 85% fase tidur ringan dan 75% fase tidur nyenyak. Selain itu dapat meningkatkan 20% kualitas tidur yang lebih baik, hal ini tentunya terjauh dari gangguan tidur. Olahraga yang baik dilakukan 150 menit per minggu. Olahraga tersebut diyakini dapat meningkatkan kualitas tidur sekitar 65%. Olahraga bisa memicu jantung menjadi lemah tetapi hal ini membantu semua sistem untuk berfungsi secara optimal sehingga tubuh cenderung akan menekannya dan melepaskannya saat tidur.

Kebiasaan berolahraga dapat membuat tubuh merasa lebih fit dan juga bisa membuat stress menjadi berkurang. Bagi anda yang dilanda stress banyaklah melakukan olahraga. Otak berhubungan dengan stress fisik karena ketika anda mengalami stress maka otak akan mengalami stress juga, dengan menghilangkan stress maka anda bisa merasa tidur nyenyak. Selain itu anda bisa memilih melakukan olahraga diluar ruangan dengan meningkatkan paparan cahaya matahari yang terang pada tubuh anda. Karena paparan sinar matahari di pagi hari sangat berguna bagi kesehatan tubuh anda. Selain itu keduanya sangat baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur anda. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here