Pantangan Makanan Saat Amandel Bengkak

www.salsauce.net

SehatFresh.com – Penyakit amandel atau yang sering disebut tonsilitis merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan timbulnya peradangan pada amandel yang disebabkan oleh inveksi virus maupun bakteri yang masuk melalui hidung dan mulut.

Saat mengalami amandel biasanya penderita akan mengalami peradangan sehingga mengakibatkan penderita mengalami kesulitan dalam menelan makanan dan minuman bahkan kesulitan dalam bernafas.

Amandel bisa menyerang siapa saja, terlebih lagi anak-anak. Dalam jangka waktu yang lama amandel juga bisa menjalar dan menyebabkan adanya gangguan pada telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Beberapa pantangan penyakit amandel yang harus dihindari oleh penderita adalah tidak boleh mengkonsumsi makanan pedas, hal ini akan membuat proses pembengkakan menjadi lebih cepat dan semakin membesar.

Pantangan berikutnya adalah tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet buatan, fetsin, maupun penyedap rasa, hal ini akan membuat kekebalan tubuh menurun akibat adanya bahan-bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh menjadi cepat lelah dan tenggorokan semakin terasa sakit.

Yang paling penting adalah tidak boleh mengkonsumsi minuman dingin dan minuman-minuman yang mengandung pemanis buatan. Penderita amandel sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air hangat dan larutan jahe hangat untuk melegakan tenggorokan.

  • Makanan Asam

Makanan asam seperti buah jeruk, lemon, permen karet dan lainnya harus dihindari oleh penderita amandel karena kandungan asamnya dapat menyebabkan gatal saat sakit tenggorokan.

  • Makanan Pedas

Makanan pedas mungkin cukup menggiurkan selera, namun saat Anda sedang mengalami radang amandel jangan berharap dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung cabai, cengkeh, lada, pala atau paprika. Sebab kandungan pedas itu hanya akan memperburuk kondisi amandel Anda.

  • Minuman dingin

Anda hanya akan memperparah kondisi amandel bila masih mengkonsumsi es krim. Sebab temperaturnya di bahwa suhu tubuh manusia, sehingga memicu radang amandel yang semakin parah.

  • Coklat

Memakan coklat mampu memperbaiki mood buruk karena menstimilasi hormon serotonin, hormon yang kerap dikenal sebagai hormon senang dan cinta. Tetapi, negatifnya hormon serotonin juga berguna untuk otot katup esophagus. Sehingga Anda disarankan untuk tetap rileks dan bergembira untuk menghindari sakit amandel, maag dan embel-embel penyakit lainnya. ada pepatah bilang ketika batin sehat raga juga ikut sehat.

  • Cuka

Ada beberapa olahan makanan dengan cuka, seperti acar, asinan, kuah pempek, kuah cakwe, dan lain-lain.

  • Makanan dan Lauk Pauk

Makanan atau lauk pauk yang memiliki zat asam berlebih ialah segala jenis makanan yang diolah dengan minyak goreng atau lemak, seperti gorengan, daging yang berlemak, macaroni, keju, kentang goreng, keripik kentang, dan chicken nugget.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY