Penanganan Abses Gigi pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Abses gigi dapat menyerang usia berapa pun, mulai dari tua sampai muda termasuk remaja. Abses gigi adalah suatu keadaan yang dapat ditemukan pada gigi seseorang, dimana gigi tersebut mendapatkan infeksi dari bakteri yang menyebabkan jaringan di gusi orang tersebut dan menjadi rusak sehingga terbentuk pus pada gigi berlubang. Kondisi ini juga dapat mengakibatkan seseorang merasakan sakit gigi yang berat, pembengkakan pada area gusi atau bahkan menjadi demam.

Sebuah invasi bakteri dapat menyebabkan infeksi dan nanah penumpukan di gigi anak Anda. Abses gigi anak disebabkan karena infeksi. Infeksi kadang-kadang dapat juga menyebar ke tulang dan gusi nya. Sebagai nanah tidak mengalir keluar, menyebabkan abses gigi. Beberapa faktor yang dapat memungkinkan bakteri untuk menyerang gigi adalah decay di gigi Anda. Ini adalah sebuah kondisi retaknya gigi, hal ini dapat memungkinkan bakteri untuk menyerang pulp.

Gejala utama dari abses gigi ini adalah sakit berdenyut yang parah di area gigi atau gusi seseorang. Rasa sakit ini biasanya datang secara tiba-tiba, dan keadaan ini akan secara bertahap memburuk selama beberapa jam kedepan bahkan beberapa hari kedepan hingga nantinya akan menyebabkan gigi seseorang menjadi lembut dan sensitif. Seperti yang telah di katakan sebelumnya, bahwa rasa sakit pada gigi seseorang tersebut biasanya datang secara tiba-tiba dan juga secara bertahap dapat menjadi memburuk jika seseorang tersebut tidak segera mendapatkan perawatan dari ahlinya.

Selain rasa sakit tersebut, ada juga tanda seperti nanah yang muncul pada area sekitar gigi seseorang. Kadang-kadang rasa sakit ini dapat juga menjalar ke telinga seseorang, selanjutnya rahang bawah dan juga leher pada sisi yang sama dengan gigi yang terkena penyakit abses gigi tersebut. Ada juga yang dapat menyebabkan pembengkakan parah pada wajah seseorang.

Selain kedua tanda tersebut ada tanda lainnya yang mewakili hadirnya abses seperti gigi menjadi sensitif terhadap suhu panas dan dingin, gigi menjadi sensitif terhadap tekanan, seperti misalnya mengunyah atau menggigit, mengalami demam, terjadi pembengkakan pada wajah atau pipi seseorang, perih pada bagian gigi, pembengkakan di kelenjar getah bening pada bagian bawah rahang atau di leher, adanya cairan yang berasa dan berbau busuk dalam mulut.

Saat Anda melihat tanda-tanda di atas, pastikan Anda segera ke dokter gigi karena abses adalah penyakit yang cukup berbahaya. Pada umumnya, dokter gigi dapat merekomendasikan obat penghilang rasa sakit untuk memberikan bantuan sementara kepada Anda, dan meresepkan antibiotik tertentu untuk mengurangi infeksi. Ataupun jika keadaan sudah semakin parah dokter gigi Anda dapat merekomendasikan pencabutan gigi.

Abses dapat menyebabkan banyak rasa sakit. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat abses pada gigi:

  • Hindari mengkonsumsi makanan dingin atau panas dan minuman.
  • Mengunyah makanan dari sisi mana tidak ada rasa sakit.
  • Dapatkan sikat gigi yang sangat lembut.
  • Anda harus memperlakukan abses gigi menyakitkan sebagai infeksi serius ketika penyakit ini muncul segeralah ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang dapat meminimalisir ri

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY