Pentingkah Calon Ayah Perlu Asupan Nutrisi?

SehatFresh.com – Sebelum memulai program kehamilan, banyak hal yang perlu diperhatikan tidak terkecuali dalam hal nutrisi. Tidak hanya bagi wanita yang akan mengandung, nutrisi calon ayah juga penting untuk diperhatikan. Untuk memperoleh kehamilan yang sehat, bukan hanya calon ibu yang membutuhkan asupan nutrisi yang tepat. Calon ayah juga perlu asupan nutrisi yang baik, agar kualitas sperma yang membuahi sel telur menjadi semakin baik. Dengan demikian, maka peluang untuk mendapat kehamilan yang sehat dan kuat akan semakin besar. Salah satu nutrisi penting dalam kehamilan adalah folat atau asam folat.

Folat merupakan nutrisi yang disebut-sebut sebagai nutrisi penting yang berperan dalam perkembangan janin di dalam kandungan. Wanita yang sedang berusaha hamil, atau ibu hamil yang sedang dalam trimester pertama, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan yang mengandung folat. Menurut para peneliti dari McGill University, Canada, mengonsumsi folat ternyata tidak hanya disarankan bagi wanita yang merencanakan kehamilan. Calon ayah juga perlu mendapatkan asupan folat yang memadai sebelum melakukan pembuahan, demi memastikan kesehatan calon bayinya nanti.

Peningkatan cacat lahir pada bayi telah diteliti mengenai adanya keterkaitan pola makan calon ayah sebelum terjadinya pembuahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang buruk dapat memengaruhi gen-gen tertentu yang aktif dan tidak aktif pada sel sperma. Hal ini bisa menderegulasi gen-gen utama selama perkembangan embrio, dan berpotensi menyebabkan cacat lahir. Kekurangan folat pada calon ayah dapat memengaruhi kualitas sperma yang mereka bawa untuk membuahi sel telur. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa hampir 30 persen para calon ayah dengan folat yang rendah berpotensi memiliki keturunan dengan kelainan bawaan.

Folat atau vitamin B9 ini bisa Anda dapatkan dari sayuran berwarna hijau terutama bayam, sereal, daging, pisang, jeruk, alpukat, dan hampir semua jenis kacang-kacangan. Meski calon ayah sudah mendapatkan asupan folat yang cukup, calon ayah yang mengonsumsi junk food atau fast food yang tinggi lemak mungkin tidak mampu menggunakan atau memetabolisme folat dengan baik dalam tubuhnya. Oleh karena itu, para ahli menyarankan agar para calon ayah lebih memerhatikan pola makan mereka, serta menghindari rokok dan alkohol. Karena calon ayah juga merupakan penanggungjawab kesehatan keturunannya.

Sumber gambar : www.zwitsal.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY