Penyakit yang Timbul Akibat Kebiasaan Suka Berbohong

0
7
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orang tentu pernah merasa di bohongi oleh orang lain. Tentu jika kita menjadi korban pembohongan membuat hati ini menjadi sebel dan kesel. Tapi pernah kah kita merasa enjoy saja pada saat kita yang berada pada posisi berbohong? Tentu saja untuk urusan yang satu ini akan sangat sulit di jawab bagi mereka yang sudah sering atau bahkan menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari dalam urusan berbohong.

Bagi anda yang seringkali berbohong, segeralah untuk mengubah kebiasaan yang anda lakukan tersebut. Hal ini dikarenakan, jika kita sering berbohong akan berpotensi menimbulkan sebuah penyakit loh.

Berikut ini adalah penyakit yang sering timbul karena akibat dari berbohong

  1. Sakit Kepala

Sakit kepala seringkali dikeluhkan oleh sebagian besar orang. Banyak sekali penyebab munculnya sakit kepala ini. Beberapa diantaranya yaitu akibat kelelahan, terlalu banyak fikiran, hingga perasaan yang tertekan.

Namun bagi orang yang berbohong, terkadang sakit kepala ini muncul secara tiba-tiba. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Sakit kepala ini terjadi karena terdapat otot saraf yang tarik menarik pada saat seseorang berbicara sesuatu hal yang tak benar. Bahkan seringkali pada saat berbohong, terjadi sebuah perpindahan, peradangan, dan spasme pembuluh darah yang disertai distnesi daripada struktur otot di bagian kepala ataupun bagian leher. Hal ini pun yang kemudian menyebabkan rasa nyeri yang tidak tertahankan di bagian kepala seseorang yang berkata bohong.

  1. Stres

Stres merupakan kondisi yang terkadang membingungkan. Membingungkan disebabkan, stress yang terjadi antara satu orang dengan orang yang lainnya itu tidaklah sama. Namun disini terdapat benang merah antara berbohong dengan kondisi stress yang dialami oleh seseorang.

Kondisi tertekan ini jika ditambah dengan munculnya konflik batin akhirnya memicu kehilangan kesadaran diri yang mana hal tersebut di sebut dengan psikosomatik. Sikosomatik ini sendiri merupakan penyakit fisik yang didasari pada penyakit psikis yang dapat kambuh apabila adanya faktor yang menjadi pencetus stress.

Kondisi orang yang berbohong secara tidak sadar mengalami sebuah tekanan dalam batinya. Jika hal tersebut terakumulasi dalam dirinya, maka stress yang terjadi pun akhirnya akan membesar dan membuat orang tersebut mengalami kondisi lebih buruk ke tahap selanjutnya.

  1. Penyakit Jantung

Di saat seseorang berbohong, maka tubuh akan mengeluarkan sebuah hormone yang dinamakan dengan kortisol dan juga norpinefrin. Terlepasnya dua hormone tersebut dipicu oleh munculnya respon yang terjadi pada saat menghadapi kondisi dimana seseorang merasakan dilemma terhadap 2 pilihan. Peningkatan pada dua hormone ini akhirnya dapat menimbulkan efek detak jantung yang makin cepat serta tekanan darah yang juga meningkat seccara drastis.

Itulah 3 penyakit yang berpotensi dialami oleh seseorang yang memiliki kebiasaan suka berbohong. Oleh sebab itu sebaiknya hindari mulai dari sekarang juga kebiasaan berbohong anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY