Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Insomnia

SehatFresh.com – Insomnia adalah gangguan atau kesulitan untuk tidur nyenyak. Biasanya Insomnia banyak dialami oleh para usia lanjut dan diikuti dengan gejala sakit kepala, kelelahan, gelisah dan bahkan depresi.

Penggunaan obat herbal yang dapat membantu Anda tidur nyenyak seperti Valerian, Kava, dan Melatonin juga dapat menolong Anda. Namun, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter atau tenaga professional lainnya menenai dosis dan cara penggunaannya.

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cara alami mengatasi Insomnia, ada baiknya Anda mengetahui penyebab insomnia. Insomnia disebabkan karena beberapa hal, yaitu :

  • Stres yang tinggi.
  • Gaya hidup yang tidak seimbang, seperti terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung kafein, alkohol atau tembakau.
  • Mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit dan steroid.

Ada banyak cara mengatasi insomnia. Anda bisa menggunakan obat dokter, obat herbal maupun dengan cara-cara yang alami seperti olah raga dan relaksasi. Penggunaan obat dokter seperti pil-pil tidur menjadi cara yang paling sederhana untuk berhasil tidur nyenyak, tetapi Anda harus waspada karena menggunakan pil-pil tidur dapat membuat Anda kecanduan jika digunakan terus menerus karena dosis yang diberikan akan terus meningkat dan ini bukan indikasi yang baik bagi Anda penderita Insomnia.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengatasi insomnia yang mungkin bisa Anda praktekkan :

  1. Identifikasi pemicu insomnia Anda. Jika Anda sudah mengeahui apa yang membuat Anda sulit tidur, maka Anda dapat mengabil tindakan atas masalah tersebut.
  2. Membuat rencana secara detail tentang apa yang harus Anda lakukan sebelum tidur. Misalnya : Mematikan lampu, Mempersiapkan untuk esok hari (pakaian apa yang harus dipakai, tas atau sepatu) dan lakukan ritual-ritual yang sama seperti mematikan handphone atau barang-barang elektronik, membersihkan diri, gosok gigi sebelum tidur, memakai piyama, mengatur alarm sampai naik ke tempat tidur. Hal ini penting sekali untuk melatih otak menerima isyarat bahwa sudah waktunya untuk relaksasi dan tidur.
  3. Mengatur pola makan. Hindari stimulan seperti kafein, nikotin dan makanan tinggi gula berhubungan dengan tidur yang buruk.

Ketiga hal di atas merupakan obat tidur alami yang sederhana untuk dipraktekkan selama dua sampai tiga minggu secara rutin dan Anda dapat merasakan efek positif nya. Jika Insomnia Anda tetap terjadi atau bahkan semakin parah, Anda harus mulai berkonsultasipada dokter atau tenaga kesehatan professional.

Sumber gambar : alam-maya.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY