Penyebab Gairah Seks Wanita Menurun

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hubungan seksual pasangan suami istri merupakan hal yang sangat vital dan penting untuk terjalinnya hubungan romantis dan harmonis. Bagi pasangan yang sudah menikah, tentunya mendapat hubungan seksual memuaskan menjadi sesuatu yang diharapkan. Hubungan seksual memuaskan akan menjaga hubungan lebih baik dan meningkatkan produktifitas Anda.

Bagimana jika salah satu dari pasangan mengalami penurunan gairah seks? Tentu saja akan berdampak kurang baik bagi hubungan pasangan. Menurunnya gairah seks bisa saja terjadi baik pada wanita atau pria. Kesempatan ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai penyebab menurunya gairah seks pada wanita.

Gairah seksual wanita dipengaruhi oleh banyak faktor. Selain kondisi fisik, dipengaruhi juga oleh emosional, pengalaman, keyakinan, gaya hidup, serta hubungan sosial yang tengah dijalani.

Kenapa bisa terjadi?

Secara alami hasrat seksual wanita akan mengalami fluktuasi. Tinggi atau rendah fluktuasi wanita biasanya dapat dikaitkan dengan keadaan hubungannya atau terjadi perubahan penting dalam kehidupannya, seperti kehamilan, menopause atau penyakit lain. Ada juga pengaruh dari beberapa jenis pengobatan. Berikut beberapa penjelasan mengenai penyebab menurunnya gairah seks wanita:

  • Faktor Biologis

Faktor penyebab gairah seks menurun wanita yang pertama adalah akibat padatnya aktivitas, kurang istirahat, kurang tidur. Gairah dapat menurun karena hal ini disebabkan oleh perasaan lelah dan terlalu capek. Ketika Anda melakukan aktivitas seksual tentunya memerlukan cukup tenaga dan energi, serta perasaan senang agar tercapai orgasme antara kedua pasangan.

  • Faktor Psikologis

Biasanya faktor psikologis menjadi pemicu utama dari kelangsungan sebuah hubungan seksual seorang pasangan. Perasaan trauma yang mungkin Anda pernah alami atau pengalaman seks yang kurang menyenangkan dengan suami atau mungkin sedang terjadi suatu masalah sehingga Anda mencoba untuk menjauhi segala sesuatu yang berhubugan dengan seks.  Faktor psikologis lainnya yang sering dialami sebagian wanita adalah rasa takut tidak dapat memuaskan pasangan atau suami.

  • Pasca Melahirkan

Biasanya untuk sementara waktu ketika wanita wanita pasca melahirkan dan menyusui akan menolak ajakan suami untuk melakukan aktivitas seksual, karena setelah melahirkan dan menyusui, hormon prolaktin pada wanita akan menyebabkan penurunan gairah seksual. Selain itu wanita yang menggunakan pil KB sebagai alat kontrasepsi juga bisa menjadi salah satu penyebab penurunan gairah seks.

  • Pengaruh Hormon Seks

Hormon testosteron dimiliki juga oleh wanita, hanya saja jumlah hormon testosteron tidak sebanyak yang pria miliki. Hormon testosteron  seorang wanita berfungsi untuk meningkatkan gairah seksual. Selain itu adapula hormon yang dapat menurunkan gairah seksual, yakni hormon binding gloubin jika memiliki kadar yang cukup tinggi di dalam tubuh wanita.

  • Terburu-buru

Ketika melakukan aktivitas seksual tidak jarang pria sering terburu-buru ingin menyelesaikan aktivitas seksualnya, hal ini juga dapat memicu gairah seksual wanita menurun, karena ketika seorang pria cepat mengalami ejakulasi dini, namun pasangan wanita belum merasakan dan menikamati orgasme. Kepuasaan orgasme harus dicapai bersama agar kenikmatan dalam berhubungan seksual menjadi menyenangkan.

  • Kurang pemanasan

Ada baiknya sebelum memulai aktivitas seksual yang sesungguhnya, bagi Anda untuk melakukan banyak pemansan seperti foreplay untuk memancing respon gairah seksual wanita.

  • Kesehatan Tubuh yang Kurang Baik

Faktor umum yang paling banyak dialami setiap pasangan yang mengalami penurunan gairah seks adalah adanya faktor penyakit atau kondisi kesehatan Anda yang kurang baik. Salah satu dari pasangan Anda misalnya sedang dalam masa penyembuhan atau pemulihan kondisi tubuh dari suatu penyakit yang mengharuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan. Hal inilah yang dapatmenurunkan gairah seks Anda dalam melakukan aktivitas seksual.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY