Penyebab Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker kelenjar getah bening atau dikenal dalam kesehatan dengan limfoma merupakan jenis kanker yang berasal dari jaringan limfonodus dan jaringan limfe lainnya.

Meskipun penyakit ini jarang terdengar di masyarakat, tetapi perlu di waspadai karena kanker kelenjar getah bening ini termasuk penyakit yang berbahaya dan mematikan.

Kelenjar getah bening sendiri merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh manusia khususnya dalam sistem imun atau sistem kekebalan tubuh manusia. Apabila tubuh terserang kanker getah bening maka sistem limfatik tubuh akan melemah. Begitu juga dengan sistem kekebalan tubuh akan terganggu,  sistem imun tidak dapat melawan kuman, mencegah infeksi dan zat-zat asing lainnya yang berasal dari luar tubuh.

Ada dua macam kanker kelenjar getah bening. Pertama yaitu Hodgkin’s. Hodgkin’s merupakan jenis kanker getah bening yang ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening dan limpa, tanpa disertai rasa sakit, tipe kanker kelenjar getah bening ini umumnya menyerang orang antara usia 15-38 tahun dan 50 tahun ke atas. Kedua yaitu Non-hodgkin. Non-hodgkin sudah termasuk dalam kanker ganas, dan sering terjadi pada pria serta dijumpai pada usia 50 tahun ke atas.

Penyebab

Berikut beberapa penyebab dari penyakit kanker kelenjar getah bening :

  1. Terserang virus

Virus merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kanker kelenjar getah bening. Virus akan menginfeksi tubuh melalui perantara atau media dari lingkungan, angin atau hewan dan lain-lain. Jika seseorang sudah terinfeksi akan ditandai dengan gejala flu. Apabila tidak ditangani dengan baik maka akan menjadi kanker kelenjar getah bening.

  1. Akibat infeksi

Apabila tubuh sudah terinfeksi oleh zat-zat asing dari luar tubuh makan akan meningkatkan kadar limfosit atau sel darah putih dimana akan menganggu kesehatan tubuh anda dan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

  1. Peradangan

Peradangan pada kelenjar getah bening ini terjadi karena adanya zat asing dalam tubuh. Sehingga memicu peradangan pada sel darah putih. Dimana akan mematikan sel darah putih tersebut.

  1. Kanker darah

Kanker darah juga merupakan penyakit yang berbahaya. Kanker darah ini dapat menyebar ke sistem limfe sehingga menyebabkan kanker kelenjar getah bening. Hal ini dikarenakan kelenjar getah bening di dalam tubuh tidak terkendali jumlahnya.

Penyebab Lain

Selain penyebab di atas, berikut ada beberapa penyebab lain dari kanker kelenjar getah bening :

  • Gaya hidup yang kurang baik
  • Orang yang menjadi perokok pasif
  • Faktor keturunan
  • Adanya penurunan kekebalan tubuh
  • Seringnya mengonsumsi makanan yang menggunakan bahan pengawet, mengandung herbisida dan makanan yang menggunakan pewarna dari bahan kimia.
  • Mengonsumsi minuman beralkohol
  • Kurang Olahraga
  • Kurang atau jarang meminum air putih. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY