Konsumsi Vitamin ini untuk Atasi Rasa Letih dan Lesu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tubuh yang letih atau lesu dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Untuk mengatasi atau mencegahnya, ada beberapa cara sederhana yang dapat dicoba. Salah satunya mengonsumsi vitamin.

Namun, tidak semua jenis vitamin bermanfaat untuk mengatasi rasa letih dan lesu. Lantas, vitamin apa saja untuk mengatasinya?

  • Vitamin B12

Vitamin B12 dapat mengonversi asupan karbohidrat dalam tubuh Anda dan menjadikannya menjadi sumber energi. Selain itu, kandungan nutrisi vitamin B12 juga sangat berguna untuk memaksimalkan kinerja sistem pencernaan sehingga serapan nutrisi dalam tubuh Anda pun akan semakin lebih maksimal. Daging ayam, telur ayam, ikan laut, dan susu adalah sebagian sumber vitamin B12.

  • Vitamin B9

Vitamin B9 atau asam folat sangat dianjurkan untuk menghindari tubuh tak berenergi atau mudah letih. Asam folat bisa menjaga tubuh agar tetap fit dengan kinerja organ vital yang senantiasa tetap terjaga. Beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin B9 antara lain kacang-kacangan, sayur bayam, dan alpukat.

  • Vitamin B1

Vitamin B1 atau thiamin sangat berguna untuk meningkatkan kinerja organ vital Anda, seperti jantung dan otak. Vitamin B1 juga berperan aktif dalam mengonversi asupan gula menjadi energi. Tak hanya itu, asupan vitamin ini juga bisa meminimalisir ancaman obesitas akibat penumpukan gula dalam bentuk cadangan lemak. Berbagai jenis ikan laut, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran adalah sebagian sumber vitamin B1.

  • Vitamin B3

Vitamin B3 atau niacin bermanfaat untuk menetralisir kandungan racun yang masuk dalam tubuh. Kadar kolesterol serta gula darah Anda juga akan terjaga dengan mengonsumsi vitamin ini. Alhasil, potensi energi pada tubuh pun bisa dimanfaatkan secara optimal. Makanan dengan kandungan kaya vitamin B3 dapat ditemui dalam ragam jenis ikan laut, daging ayam, alpukat dan sejenisnya.

  • Vitamin B6

Kinerja organ otak dan sistem syaraf akan terjaga dengan mengonsumsi vitamin B6. Umumnya, vitamin ini dapat ditemui pada beragam daging dan ikan laut.

  • Vitamin C

Kacang-kacangan, bayam, tuna, stroberi, nanas, dan susu rendah lemak adalah sebagian contoh makanan yang kaya vitamin C. Mengonsumsi vitamin C secara teratur dapat menghindari diri dari rasa letih dan lesu.

  • Vitamin A

Vitamin A tak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata. Vitamin ini juga berkhasiat sebagai pendongkrak sistem imunitas Anda. Umbi-umbian, wortel, dan mangga adalah beberapa jenis makanan dengan kandungan vitamin A cukup tinggi.

Rasa letih dan lesu dalam jangka panjang dapat menjadi tanda-tanda adanya penyakit tertentu. Jika Anda terus-menerus merasa demikian selama berbulan-bulan, padahal sudah beristirahat dengan cukup dan menjaga pola makan sehat, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here