Penyebab Tremor pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit tremor sebenarnya menyebabkan gemetar umum yang memengaruhi seluruh tubuh, namun yang paling jelas terlihat adalah tremor tangan. Tremor pada tangan tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti menulis, menggunakan komputer, menggambar, ataupun aktivitas lainnya yang menggunakan tangan. Penyakit ini pun bisa mengenai jenis kelamin pria maupun wanita.

Banyak orang yang khawatir dan takut berkaitan dengan penyebab tremor yang dialami, kebanyakan dari mereka khawatir tremor yang terjadi disebabkan oleh kerusakan otak atau gangguan neurologis, seperti Parkinson. Namun, penting bagi Anda untuk tidak panik saat tremor terjadi, karena ada banyak alasan lain mengapa seseoang bisa mengaami tremor.

Mengetahui penyebab tremor penting untuk mengatahui juga langkah pengobatannya, maka dari itu berikut adalah penyebab yang umumnya menjadi latarbelakang terjdinya tremor pada tubuh:

  • Gangguan Kecemasan. Tubuh memiliki mekanisme alamiah yang disebut “fight or flight” ini adalah cara tubuh untuk mempersiapkan diri menghadapi situasi genting, seperti situasi berbahaya, atau yang mengancam. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya adrenalin dalam aliran darah. Namun, jika mekanisme fight or flight terus dipacu secara berlebihan, maka seseorang bisa menderita gangguan kecemasan. Gemetar ini dapat menyebabkan penderitaan yang cukup, getaran akan semakin terasa terutama jika mereka mencoba untuk tetap tenang.
  • Gula Darah Rendah. Jika Anda belum makan untuk sementara waktu, atau shock setelah peristiwa traumatis atau cedera, kadar gula darah bisa saja rendah, dan ini dapat menyebabkan tremor.
  • Kelebihan Kafein. Kafein bertindak sebagai stimulan, mempersiapkan tubuh untuk respon “fight or flight“. Jika Anda minum kafein berlebihan, maka akan memiliki terlalu banyak energi dan tidak dapat menenangkan tangan Anda sehingga ini bisa menjadi penyebab tremor.
  • Tiroid yang Terlalu Aktif ( Hipertiroid ). Tremor, penurunan berat badan dan kelelahan merupakan gejala-gejala dan tanda bahwa seseorang mungkin memiliki tiroid yang terlalu aktif atau dalam istilah medis disebut sebagai hipertiroid, suatu kondisi di mana metabolisme tubuh terlalu cepat sehingga akan cepat membakar terlalu banyak energi.
  • Kelelahan Fisik. Gemetaran pada tungkai dapat terjadi ketika seseorang terlalu banyak olah raga atau kerja fisik, itu terjadi karena kelelahan pada otot-otot. Anda juga mungkin merasa kram otot dan kelemahan.
  • Nikotin. Meskipun banyak orang merasa santai setelah merokok, nikotin dalam rokok dapat mengganggu sambungan neuromuskuler, sehingga gerakan menimbulkan gerakan otot tak sadar. Hal ini bisa juga menjadi penyebab tremor.
  • Alcohol Withdrawal. Seorang peminum alkohol bisa mengalami tangan gemetar jika mereka berhenti minum tiba-tiba. Mereka juga mungkin mengalami keringat berlebihan, sakit kepala, mual dan detak jantung yang cepat.
  • Parkinson. Parkinson terjadi ketika saraf yang memproduksi dopamin yang dominan mengelola kontrol gerakan otot menjadi rusak. Onset tremor mendadak dapat terjadi pada saat istirahat atau selama gerakan disengaja.
  • Multiple Sclerosis. Multiple sclerosis adalah suatu kondisi dimana selubung myelin yang mengelilingi saraf menjadi rusak. Hal ini akan memperlambat impuls saraf, mengganggu kontrol gerakan, dan pasien mungkin mengalami serangan tremor.
  • Kerusakan otak.
  • Akibat tumor otak.
  • Struk.
  • Cedera kepala.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY