Perbedaan Rubella dan Rubeola

en.wikipedia.org

SehatFresh.com – Banyak orang pernah mengalami campak di masa kanak-kanaknya. Namun, sebagian besar masyarakat awam tidak mengetahui bedanya campak dan campak Jerman. Secara sederhana, campak Jerman disebut rubella, sementara campak disebut rubeola. Rubella dan rubeola memiliki nama yang hampir sama. Keduanya merupakan jenis campak yang disebabkan oleh virus dan terindentifikasi oleh gejala munculnya ruam di kulit. Selain itu, keduanya juga merupakan penyakit serius yang berpotensi mengancam jiwa. Meski demikian, rubella dan rubeola, masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, meskipun perawatan dan pencegahannya tidak jauh berbeda.

  • Virus

Rubella dan rubeola adalah infeksi menular yang disebabkan oleh dua virus yang menginfeksi dengan cara yang berbeda. Virus yang menyebabkan rubella menginfeksi kelenjar getah bening dan kulit. Kelenjar getah bening menjadi bengkak dan infeksi menyebabkan demam dan konjungtivitis. Sedangkan, virus yang menyebabkan rubeola menginfeksi sistem pernapasan menciptakan gejala seperti flu. Orang yang terinfeksi mungkin mengalami batuk dan demam bersamaan.

  • Keparahan

Terkait keparahannya, rubella lebih ringan karena umumnya hanya berlangsung sekitar tiga hari. Sementara itu, rubeola dapat berlangsung lebih lama, menjadi lebih serius, dan bahkan meninggalkan komplikasi kesehatan jangka panjang. Meskipun rubeola adalah penyakit yang lebih serius bagi kebanyakan orang, wanita hamil juga perlu ekstra waspada terhadap rubella. Bila bersentuhan dengan seseorang yang memiliki rubella dalam 20 minggu pertama kehamilan dan menginfeksi Anda, rubella dan rubeola dapat menyebabkan cacat permanen pada janin yang sedang tumbuh dan berkembang, serta meningkatkan risiko keguguran.

  • Gejala

Rubella biasanya ditandai dengan ruam yang terlihat merah terang (hampir merah muda). Ruam ini bisa menetap selama 1-3 hari. Beberapa gejala lain yang mungkin menyertainya adalah demam ringan selama beberapa hari, pembengkakan kelenjar getah bening, dan bahkan mungkin terjadi beberapa pembengkakan sendi. Seseorang dengan rubella menjadi sangat “menular” pada 10 hari sebelum timbulnya ruam sampai sekitar satu atau dua minggu setelah ruam menghilang.

Tidak seperti rubella, rubeola bermanifestasi sebagai ruam merah atau coklat kemerahan yang memengaruhi hampir seluruh tubuh. Gejala biasanya dimulai dengan demam ringan yang sering disertai dengan batuk terus-menerus, pilek, mata meradang (konjungtivitis) dan sakit tenggorokan, yang bisa berlangsung 2-3 hari. Kemudian, muncul ruam terdiri dari bintik-bintik merah kecil, yang beberapa di antaranya sedikit terangkat. Ruam biasanya muncul pertama di area wajah, terutama di belakang telinga dan di sepanjang garis rambut. Beberapa hari kemudian, ruam menyebar ke bawah lengan dan batang tubuh, kemudian paha, betis dan kaki. Pada saat yang sama, demam bisa naik drastis hingga 41 C. Ruam karena rubeolla akan mereda dan memudar pertama dari wajah dan terakhir pada paha dan kaki. Rubeola sangat menular selama empat hari sebelum gejala-gejala muncul, dan empat hari setelah ruam hilang.

  • Penanganan dan pencegahan

Tidak ada obat untuk mengobati campak. Cara terbaik untuk mempercepat pemulihannya adalah dengan banyak istirahat dan minum banyak cairan. Acetaminophen dapat digunakan sebagai obat untuk mengurangi demam dan rasa sakit. Salah satu cara untuk membantu mencegah rubella atau rubeola adalah dengan vaksinasi campak. Vaksinasi ini dikenal sebagai MMR (measles, mumps, and rubella). Vaksinasi ini efektif untuk mencegah tiga penyakit yang sangat serius, yaitu campak (rubeola), gondok, dan rubella.

Vaksin diberikan dalam dua tahap. Pertama, vaksin diberikan kepada anak-anak antara usia 12 dan 15 bulan. Selanjutnya, vaksin diberikan kepada anak-anak antara usia 4 dan 6 tahun. Direkomendasikan agar semua anak menerima vaksin MMR, terutama sebelum masuk sekolah. Jika Anda telah dewasa dan tidak yakin pernah menerima vaksinasi, Anda sebaiknya berdiskusi dengan dokter untuk membahas perlu tidaknya dilakukan vaksinasi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY