Pantangan Makanan Penderita Asam Lambung

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Lambung merupakan salah satu alat pencernaan manusia yang berfungsi sebagai tempat di mana makanan dicerna dan juga sebagai tempat penyerapan sari-sari makanan. Seperti yang Anda ketahui salah satu penyakit yang sering menyerang organ yang satu ini adalah maag atau yang lebih dikenal sebagai asam lambung. Asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) sendiri adalah penyakit yang umum terjadi pada setiap orang.

Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh naiknya kadar asam lambung menuju esofagus. Sehingga hal ini menyebabkan rasa nyeri dan rasa terbakar pada dada. Selain mengonsumsi obat, sebaiknya Anda menghindari makanan-makanan ini untuk mencegah asam lambung naik kembali.

Pantangan asam lambung banyak dari segi makanan. Penderita asam lambung tidak boleh mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan. Berikut ini daftar makanan yang menjadi pantangan :

  1. Makanan Yang Mengandung Banyak Gas. Makanan yang mengandung banyak gas sangat tidak boleh dikonsumsi bagi penderita asam lambung, dikarenakan penderita asam lambung jika mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gas akan membuat asam di dalam lambung menjadi naik.  Makanan yang banyak mengandung gas tinggi : sawi,  kol,dan nangka.
  2. Makanan Rasa Pedas. Makanan yang memiliki rasa pedas akan bisa membuat iritasi lambung. Seperti halnya cabai, sambal, saus cabai, saus tomat, saus panas, serta makanan yang mengandung merica berlebih.
  3. Makanan Asam. Makanan asam mengandung acid reflux yang bisa meningkatkan kadar asam lambung di dalam perut. Makanan yang asam bisa memicu refluks asam dan juga bisa memperburuk sakit maag. makanan asam yang tidak boleh dikonsumsi : cuka, asinan, acar, dan buah asam
  4. Buah-Buahan Tertentu. Buah dengan jenis tertentu tidak boleh dikonsumsi bagi penderita maag. Buah yang tidak boleh dikonsumsi karena mengandung keasaman yang tinggi, diantaranya : belimbing wuluh, kedondong, nanas, belimbing, mangga muda.
  5. Makanan Yang Mengandung Alkohol. Makanan yang memiliki kadar alkohol yang banyak tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena makanan beralkohol memiliki gas yang banyak dan bisa mempercepat asam lambung menjadi naik. Makanan yang mengandung alkohol adalah makanan yang melalui proses fermentasi. Diantaranya : tape singkong, tape ketan, manisan buah, manisan sayur.
  6. Makanan Berminyak Dan Berlemak. Makanan berminyak dan juga berlemak akan mudah mengiritasi lambung, hal tersebut sangat tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Makanan berminyak dan berlemak yang tidak boleh dikonsumsi : gorengan, jeroan hewan, sayur tumis.
  7. Makanan Keras Dan Sulit Dicerna. Berbagai makanan yang memiliki tekstur keras bisa melukai lambung dan membuat asam lambung naik. Makanan tekstur keras yang tidak boleh dikonsumsi : nasi, talas, dodol, beras ketan, daging merah, jagung, roti putih, pasta, dan mie.
  8. Minuman Pantangan Asam Lambung. Minuman yang harus dihindari oleh penderita asam lambung karena dapat membuat lambung bereaksi ialah  kopi, soda dan alkohol, minuman berenergi, semua minuman dalam kaleng dan botol.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari bagi penderita asam lambung, agar asam lambung yang anda rasakan tidak mudah kambuh dengan melakukanpantangan makanan tersebut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY